Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 3 Tahun di Uganda Tewas Diterkam Macan Tutul

Kompas.com - 07/05/2018, 22:03 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KAMPALA, KOMPAS.com - Seekor macan tutul dilaporkan menerkam dan memakan bocah berusia tiga tahun di sebuah pondok safari di Uganda.

Dilaporkan Sky News Senin (7/5/2018), korban diidentifikasi bernama Elisha Nabugyere, putra dari penjaga hutan lokal Doreen Ayera yang bekerja di Taman Nasional Queen Elizabeth.

Media lokal Daily Monitor mengabarkan, awalnya Ayera menitipkan Nabugyere di kantor staf Pondok Safari Mweya Jumat (4/5/2018). Kantor tersebut tidak dilengkapi pagar pengaman.

Juru bicara otoritas taman liar, Bashir Hangi, pukul 19.30 waktu setempat, Nabugyere mengikuti pengasuhnya yang kala itu menuju ke dapur.

Baca juga : Serang Penduduk Desa, Macan Tutul di India Sekarat Dihajar Warga

Seekor macan tutul bersembunyi di dekat kantor itu, dan langsung menerkam Nabugyere. "Pengasuh Nabugyere yang tidak menyadari diikuti anak itu sempat mendengar jeritannya," kata Hangi.

Namun, ketika sang pengasuh berusaha menolong Nabugyere, macan tutul itu telah menghilang ke dalam semak-semak sambil membawanya.

Pencarian dilakukan pagi hari keesokan harinya. Mereka kemudian menemukan tulang yang diduga milik Nabugyere di bawah pohon.

Hangi berkata, para penjaga hutan kini berupaya menangkap macan tutul tersebut. Sebab, hewan itu kini telah merasakan daging manusia.

"Dia pasti tergoda untuk merasakan daging manusia lagi. Sangat berbahaya," kata Hangi dilansir dari AFP via The Independent.

Ayah Nabugyere, Francis Nabugyere, berkata kepada Kampala Post tulang putranya bakal dikuburkan setelah dilakukan upacara.

Taman Nasional Queen Elizabeth di barat daya Uganda memiliki populasi predator yang besar seperti singa, macan tutul, dan hyena.

Para penjaga hutan dipekerjakan untuk melindungi hewan tersebut dari serangan para pemburu gelap.

Baca juga : Macan Tutul Liar Masuk Permukiman di India, Lukai Empat Warga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com