Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangutan Ulurkan Tangan ke Manusia, Ini Makna di Baliknya

Kompas.com - 11/02/2020, 14:02 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Sebuah foto yang viral pada Januari lalu memperlihatkan seekor orangutan mengulurkan tangan kepada manusia di Kalimantan.

Seorang fotografer lepas bernama Anil Prabhakar mengunggahnya di Instagram, disertai dengan keterangan Let me help you? (Bisakan saya membantumu?).

"Saat kemanusiaan mati di diri manusia, kadang binatang malah membawa kita kembali ke hal dasar ini." demikian keterangan yang diberikan Anil.

Baca juga: Orangutan Ini Ulurkan Tangan ke Pria yang Masuk ke Kolam Penuh Ular

Kepada Kompas.com saat dihubungi Senin (10/1/2020), Anil mengungkapkan bahwa foto orangutan mengulurkan tangan itu pada 8 September 2019.

Dia menceritakan saat itu dia bersama dengan dua temannya pergi ke kawasan rehabilitasi di Samboja Lestari, Kalimantan Timur, yang dikelola Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS).

Anil mengatakan, dia pergi ke Samboja Lestari salah satunya selain mengabadikan momen, juga berkaitan dengan kegiatan donasi.

Setelah bertemu perwakilan BOS dan meminta izin untuk melakukan trekking, maka Anil dan temannya kemudian berjalan hingga ke kawasan berair.

Di saat itu, Anil mengaku melihat ada petugas yang masuk ke air. Anil kemudian bertanya kepada pendampingnya apa yang sedang dilakukan.

Dari keterangan si pendamping, pria asal Kerala, India, itu mendapat cerita bahwa sebelumnya terdapat informasi ada ular yang masuk.

Baca juga: Menjaga Populasi dan Habitat Orangutan di Lansekap Sungai Putri-Taman Nasional Gunung Palung

Karena itu, petugas pun turun untuk mengecek ke kolam sekaligus membersihkan semak maupun binatang yang mungkin masuk ke habitat kera besar itu.

Di saat sedang melakukan tugasnya itulah, seekor orangutan betina datang. Dia mendekat dan kemudian memperhatikan pekerjaan si petugas.

Si orangutan itu kemudian mengulurkan tangannya, dan mengejutkan Anil. Dia mengaku syok ketika melihat momen tersebut.

Anil mengatakan peristiwa itu berlangsung selama 3-4 menit, di mana kameranya kemudian memotret gambar yang kemudian menjadi viral tersebut.

Pria yang sudah tinggal di Indonesia selama 12 tahun itu melanjutkan, foto itu dia terus simpan hingga dia putuskan diunggah ke Instagram pada 23 Januari.

Baca juga: Hutan Terbakar, Induk dan Anak Orangutan Bersarang di Depan Rumah Warga, Kurus Kurang Gizi

Dia menuturkan memutuskan mengunggahnya karena mempunyai visi, di mana dia ingin menunjukkan mulai pudarnya sisi kemanusiaan yang ada di diri manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com