Kompas.com - 28/11/2018, 23:38 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, tentaranya akan tetap berada di Timur Tengah demi melindungi Israel.

Pernyataan tersebut disampaikan Trump saat wawancara dengan The Washington Post pada Selasa (27/11/2018). Demikian dilansir The New Arab.

"Untuk saat ini, apakah kita akan tetap tinggal di bagian dunia itu? Salah satu alasannya adalah Israel," kata Trump.

"Minyak telah menjadi semakin tidak berarti saat ini karena kita telah menghasilkan minyak lebih banyak daripada yang pernah kita hasilkan."

"Mungkin akan tiba sampai pada titik di mana kita tidak perlu untuk tinggal di sana," tambah Trump.

Baca juga: Rencana Perdamaian Israel-Palestina Versi Trump Dinilai Buang Waktu

Komentar Trump disampaikan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah AS akan mengurangi kehadiran militernya di Timur Tengah.

Pekan lalu, Presiden Trump menyampaikan terima kasihnya kepada negara sekutunya, Arab Saudi, karena telah berperan dalam turunnya harga minyak dunia.

Di lain kesempatan, Trump menyampaikan janjinya untuk tetap menjadi mitra setia Riyadh meskipun masyarakat internasional tengah mengecam Kerajaan Saudi yang dianggap melakukan pembunuhan terhadap jurnalis Jamal Khashoggi.

Trump bahkan tak ragu untuk membantah penilaian CIA yang menyebut Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman berada di balik kasus pembunuhan itu.

Presiden berusia 72 tahun itu juga mengatakan bahwa aliansi AS dengan Arab Saudi merupakan hal yang penting demi kepentingan Israel di Timur Tengah.

Trump bahkan menyebut Israel bakal berada dalam masalah besar jika tidak mendapat dukungan dari Arab Saudi.

Hubungan AS dengan Israel telah meningkat sejak masa pemerintahan Trump, terutama setelah pengakuannya atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv.

Baca juga: AS Gabung Kantor Konsulat untuk Palestina dengan Kedubes untuk Israel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.