Kompas.com - 08/08/2018, 08:09 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Muhammad Saleh Benten menyatakan pada Selasa (7/8/2018), kerajaan siap menyambut jemaah haji dari Qatar.

Melansir dari Al Arabiya, Benten mengatakan kerajaan akan memastikan warga Qatar dapat memenuhi rukun Islam kelima itu dengan mudah.

Dia justru menuduh pemerintah Qatar memblokir situs web yang dibuat khusus untuk memfasilitasi jemaah dari Qatar.

Benten menyatakan, warga Qatar masih dapat mendaftarkan rincian dan menyelesaikan dokumen di Bandara Internasional King Abdul Aziz, di Jeddah.

Baca juga: Pemerintah Qatar Bantah Larang Warga Berangkat Haji

Selain itu, setiap penduduk Qatar yang tinggal di luar negeri masih dapat mengakses portal untuk registrasi data diri melalui situs web kementerian.

Kendati sudah ada lampu hijau mengenai nasib jemaah haji dari Qatar, namun mereka tetap saja mendapat keterbatasan dari sisi transportasi.

Xinhua melaporkan, jemaah dari Qatar dapat berangkat haji menggunakan maskapai apa pun kecuali Qatar Airways.

Seperti diketahui, maskapai tersebut telah dilarang untuk terbang ke Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir, setelah keempat negara tersebut memutus hubungan diplomatik dengan Qatar.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Mekkah, Khalid bin Faisal Al Saud, menyatakan belum ada warga Qatar yang tiba di Saudi untuk mengikuti ibadah Haji hingga awal Agustus lalu.

"Belum ada jemaah haji dari Qatar yang tiba pada hari ini (1/8/2018)," katanya, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.