Salin Artikel

Kerajaan Saudi Siap Sambut Jemaah Haji dari Qatar, Asalkan...

Melansir dari Al Arabiya, Benten mengatakan kerajaan akan memastikan warga Qatar dapat memenuhi rukun Islam kelima itu dengan mudah.

Dia justru menuduh pemerintah Qatar memblokir situs web yang dibuat khusus untuk memfasilitasi jemaah dari Qatar.

Benten menyatakan, warga Qatar masih dapat mendaftarkan rincian dan menyelesaikan dokumen di Bandara Internasional King Abdul Aziz, di Jeddah.

Selain itu, setiap penduduk Qatar yang tinggal di luar negeri masih dapat mengakses portal untuk registrasi data diri melalui situs web kementerian.

Kendati sudah ada lampu hijau mengenai nasib jemaah haji dari Qatar, namun mereka tetap saja mendapat keterbatasan dari sisi transportasi.

Xinhua melaporkan, jemaah dari Qatar dapat berangkat haji menggunakan maskapai apa pun kecuali Qatar Airways.

Seperti diketahui, maskapai tersebut telah dilarang untuk terbang ke Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir, setelah keempat negara tersebut memutus hubungan diplomatik dengan Qatar.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Mekkah, Khalid bin Faisal Al Saud, menyatakan belum ada warga Qatar yang tiba di Saudi untuk mengikuti ibadah Haji hingga awal Agustus lalu.

"Belum ada jemaah haji dari Qatar yang tiba pada hari ini (1/8/2018)," katanya, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Gulf News mewartakan, Qatar dituding mendukung kelompok ekstremis dan menyokong pendanaan bagi teroris. Namun, pemerintah Qatar menepis tuduhan tersebut.

Qatar juga berulang kali menyatakan bahwa pemerintah Saudi melarang warga negara dan penduduknya untuk berangkat haji atau umrah di Mekkah.

Sebelum terjadinya pemutusan hubungan diplomatik, warga Qatar bisa mencapai Mekkah menggunakan jalur darat. Namun saat ini, pos pemeriksaan di perbatasan Salwa telah ditutup.

Tidak ada bandara di Mekkah sehingga semua jemaah harus mendarat di Jeddah yang jaraknya sekitar 70 km.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/08/08092051/kerajaan-saudi-siap-sambut-jemaah-haji-dari-qatar-asalkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke