Kompas.com - 23/07/2018, 08:16 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Militer Israel mengevakuasi anggota kelompok pertahanan sipil Helm Putih atau White Helmets dari zona perang di Suriah.

Melansir dari BBC, Senin (23/7/2018), sekitar 422 relawan Helm Putih dan anggota keluarga mereka dibawa ke Yordania melalui Daratan Tinggi Golan.

Kelompok Helm Putih merupakan relawan yang berfokus untuk menyelamatkan orang-orang yang berada di zona perang Suriah.

Namun, kini mereka yang harus dievakuasi karena terperangkap di wilayah Suriah dekat perbatasan Dataran Tinggi Golan, setelah serangan militer Israel.

Baca juga: Israel Janji Buka Blokade Barang ke Gaza Jika Situasi Tetap Tenang

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan, evakuasi yang dilakukan terhadap Helm Putih atas permintaan dari Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara Eropa lainnya.

Awalnya, Israel berencana untuk mengevakuasi sekitar 800 anggota Helm Putih dan keluarga mereka, namun hanya 422 orang yang dapat diselamatkan.

Mereka diangkut dengan bus melewati Dataran Tinggi Golan oleh militer Israel menuju ke Yordania.

"Penduduk dievakuasi dari zona perang di Suriah selatan karena nyawa mereka terancam," kicau IDF di Twitter.

Pendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad, dan Rusia, menilai Helm Putih mendukung para pemberontak dan juga memiliki hubungan dengan kelompok-kelompok ekstremis.

Meski Israel tidak terlibat langsung dalam konflik Suriah, kedua negara berada dalam kondisi perang selama beberapa dekade.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.