Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2018, 13:25 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah lembaga think tank Amerika Serikat (AS) melansir penelitian bahwa organisasi pertahanan NATO bakal kalah jika diserang Rusia.

Rand Corp telah memantau secara khusus situasi militer di benteng timur NATO di Polandia, maupun tiga negara Baltik Estonia, Latvia, dan Lithuania.

Di empat negara itu, Pakta Pertahanan Atlantik Utara tersebut telah menempatkan gugus tempur multi-nasional.

Baca juga: Jika Perang dengan Rusia di Eropa, AS Bisa Kalah karena Hal Ini

Tim tempur itu dibentuk sebagai respon setelah Rusia melakukan pendudukan di Semenanjung Crimea, Ukraina, pada 2014.

Pada 2016 setelah tim tempur dibentuk, dua peneliti Rand Corp, David Shlapak dan Michael Johnson melakukan simulasi perang di empat negara itu.

Hasilnya, mereka menemukan fakta mengkhawatirkan bahwa keberadaan tim tempur multi-nasional itu tidak akan banyak berguna.

Diwartakan Newsweek Kamis (12/7/2018), Shlapak dan Johnson menyatakan serdadu Rusia bisa menguasai ibu kota tiga negara itu dalam hitungan jam.

Shlapak kemudian membandingkan simulasi yang mereka lakukan dua tahun lalu dengan 2018 ini. Hasilnya tidak banyak perubahan.

"Dari pandangan kami, kemampuan tim tempur multi-nasional itu tidak akan memberikan banyak perlawanan ketika Rusia menyerang," papar Shlapak.

Sejak Vladimir Putin menjadi Presiden Rusia, dia membangun kekuatan militer Negeri "Beruang Merah" tersebut pada abad 21.

Dalam laporan yang dirilis Mei, Rand Corp memaparkan perbandingan kekuatan tim darat yang dipunyai NATO dan Rusia di perbatasan.

Total, NATO memiliki 31.813 personel dan 129 tank. Namun, mereka harus menghadapi pasukan Rusia yang berjumlah 78.000 orang dan 757 tank.

Untuk kekuatan udara, Shlapak berkata memang organisasi yang didirikan pada 1949 itu mempunyai keunggulan yang sangat jauh dari Rusia.

NATO memiliki jet tempur empat kali lebih banyak dari yang dimiliki Rusia. Selain itu, mereka punya satu-satunya jet tempur generasi kelima.

Baca juga: Trump Desak Anggota NATO Tambah Sumbangan Militernya

"Namun, Rusia melampaui mereka dalam hal pertahanan udara terintegrasi, artileri jarak jauh, peluru anti-baja, hingga peralatan elektronik," ulas laporan itu.

Halaman:
Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com