Kompas.com - 03/07/2018, 13:19 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) dilaporkan sukes melakukan uji coba terhadap senjata nuklir generasi terbaru.

Media Rusia RIA Novosti melaporkan Senin (2/7/2018), Angkatan Udara dan Kantor Keamanan Energi Nuklir (DOE/NNSA) telah merampungkan uji coba terhadap B61-12.

B61 merupakan bom termonuklir gravitasi taktis dengan panjang 3,56 meter, berbobot 320 kilogram, dan dikembangkan sejak 1963.

Baca juga: Arab Saudi Bakal Buat Bom Nuklir jika Iran Punya Senjata Serupa

Adapun 12 yang merupakan varian terbaru B61 mendapat tambahan panduan GPS dan rencananya bakal diproduksi antara 400-500 unit.

Bom yang diklaim merupakan program nuklir termahal Pentagon, berbiaya 11 miliar dolar AS, itu mempunyai kekuatan sekitar 50 kiloton.

Dilansir Hurriyet, AU dan DOE/NNSA menyelesaikan dua uji coba kualifikasi penerbangan non-nuklir pada 29 Juni lalu di situs Tonopah, Nevada.

Tes tersebut merupakan yang pertama, dan bertujuan untuk melihat apakah bom gravitasi itu bisa cocok ditempatkan di pesawat pembom generasi baru seperti B-2A Spirit Bomber.

Selain itu, bom nuklir tersebut rencananya bakal menjalani uji coba untuk dipasangkan di jet tempur generasi kelima AS, F-35.

Dalam pernyataan DOE/NNSA, bom B61-12 bakal menggantikan varian B61 antara lain Mod 3, 4, hingga 11 yang digunakan sejak 1997.

"Produksi pertama senjata itu direncanakan bakal diselesaikan pada tahun fiskal 2020 mendatang," demikian keterangan DOE/NNSA.

Halaman:
Sumber Hurriyet


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.