Turuti Perintah, Duta Besar Israel Tinggalkan Turki - Kompas.com

Turuti Perintah, Duta Besar Israel Tinggalkan Turki

Kompas.com - 16/05/2018, 23:27 WIB
Duta Besar Israel untuk Turki, Eitan Naeh (kiri) membawa kopernya di bandara Istanbul Ataturk, Rabu (16/5/2018) sesaat sebelum terbang kembali ke negaranya.AFP / DOGAN NEWS AGENCY / DHA Duta Besar Israel untuk Turki, Eitan Naeh (kiri) membawa kopernya di bandara Istanbul Ataturk, Rabu (16/5/2018) sesaat sebelum terbang kembali ke negaranya.

ISTANBUL, KOMPAS.com - Duta Besar Israel untuk Turki, Eitan Naeh telah meninggalkan Ankara dan kembali ke Tel Aviv, Rabu (16/5/2018).

Hal tersebut usai diperintahkan oleh Kementerian Luar Negeri Turki menyusul tragedi bentrokan berdarah yang terjadi di perbatasan Gaza dengan Israel pada Senin (14/5/2018) lalu.

Bentrokan tersebut menyebabkan puluhan warga Palestina menjadi korban meninggal dan ribuan lainnya luka-luka.

Banyak pihak mengecam tentara Israel yang dianggap mengambil tindakan berlebihan dalam menangani para peserta aksi protes.

Baca juga: Turki Minta Dubes Israel Tinggalkan Negaranya sebagai Bentuk Protes

Naeh berangkat menuju Tel Aviv menggunakan penerbangan melalui bandara Istanbul di bawah sorotan media yang tampaknya diundang secara khusus untuk merekam momen kepergiannya dari Turki.

Keputusan pengusiran yang dilakukan Ankara terhadap diplomat Israel telah memicu rentetan aksi balasan.

Tak lama setelah Ankara yang memerintahkan duta besar Israel untuk pergi dalam jangka waktu yang tak ditentukan, Tel Aviv melakukan tindakan serupa dengan memerintahkan konsul Turki keluar dari negaranya.

Konsul Turki yang diperintahkan pergi sebenarnya merupakan perwakilan Ankara untuk Palestina yang bertempat di Yerusalem, sementara diplomatnya di Tel Aviv telah lebih dulu ditarik.

Tindakan Israel yang memerintahkan konsulnya pergi dari Yerusalem kembali dibalas Turki dengan meminta konsul Israel meninggalkan Ankara.

"Kementerian Luar Negeri Turki pada Rabu (16/5/2018) juga mengatakan kepada konsul Israel di Istanbul untuk meninggalkan negara itu," tulis pernyataan Kementerian Luar Negeri Israel dilansir AFP.

Baca juga: Aksi Balasan, Israel Perintahkan Konsul Turki Tinggalkan Yerusalem



Close Ads X