Kompas.com - 24/04/2018, 12:02 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi akan memulai pembangunan "kota hiburan" di dekat Riyadh, Rabu (25/4/2018), sebagai bagian dari reformasi kebijakan guna menciptakan keberagaman ekonomi.

Proyek seluas 334 km persegi bakal dibangun di Qiddiya, sebelah barat daya ibu kota, dibangun dalam berbagai tema taman hiburan masa kini, termasuk fasilitas sirkuit dan sebuah taman safari.

Kota hiburan tersebut diyakini dapat menyaingi taman hiburan Walt Disney.

"Pembangunan ini merupakan upaya untuk mengembangkan proyek-proyek besar yang akan membantu mencapai banyak pendapatan baik langsung dan tidak langsung", ujar pejabat proyek kota hiburan Fahd bin Abdullah Tounsi, Senin (23/4/2018).

Baca juga : Kembangkan Sektor Hiburan, Arab Saudi Siapkan Dana Rp 875 Triliun

Kepala eksekutif Qiddiya, Michael Reininger berharap proyek tersebut akan menarik investasi asing di bidang hiburan dan sektor lainnya.

Namun, dia tidak menyebutkan spesifikasi total biaya pembangunan kota hiburan.

Proyek pembangunan semacam itu didorong oleh gerakan reformasi kebijakan yang dilakukan oleh Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman.

Kerajaan Saudi telah meluncurkan cetak biru untuk membangun NEOM, sebuah proyek besar yang dijuluki sebagai Silicon Valley-nya Saudi.

NEOM dibangun di dekat dengan proyek di Laut Merah, sebuah destinasi resor yang dikelilingi terumbu karang.

Reformasi kebijakan dilakukan dengan motif ekonomi untuk meningkatkan belanja domestik di sektor hiburan, mengingat kerajaan Saudi telah mulai pulih dari dampak merosotnya harga minyak sejak 2014.

Baca juga : Arab Saudi Bangun Kawasan Hiburan, Luasnya Setengah Kota Jakarta

Pada Februari lalu, Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi (GEA) akan menyelenggarakan lebih dari 5.000 festival dan konser pada 2018.

Bioskop pertama di Saudi juga telah dibuka dan Black Panther didaulat sebagai film perdana yang diputar.

Saat ini, penduduk Saudi menghabiskan miliaran dollar setiap tahun untuk melihat film dan mengunjungi taman hiburan di negara tetangga, seperti Dubai dan Bahrain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.