Salin Artikel

Pemerintah Saudi Bangun Kawasan Hiburan yang Dapat Saingi Disneyland

Proyek seluas 334 km persegi bakal dibangun di Qiddiya, sebelah barat daya ibu kota, dibangun dalam berbagai tema taman hiburan masa kini, termasuk fasilitas sirkuit dan sebuah taman safari.

Kota hiburan tersebut diyakini dapat menyaingi taman hiburan Walt Disney.

"Pembangunan ini merupakan upaya untuk mengembangkan proyek-proyek besar yang akan membantu mencapai banyak pendapatan baik langsung dan tidak langsung", ujar pejabat proyek kota hiburan Fahd bin Abdullah Tounsi, Senin (23/4/2018).

Kepala eksekutif Qiddiya, Michael Reininger berharap proyek tersebut akan menarik investasi asing di bidang hiburan dan sektor lainnya.

Namun, dia tidak menyebutkan spesifikasi total biaya pembangunan kota hiburan.

Proyek pembangunan semacam itu didorong oleh gerakan reformasi kebijakan yang dilakukan oleh Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman.

Kerajaan Saudi telah meluncurkan cetak biru untuk membangun NEOM, sebuah proyek besar yang dijuluki sebagai Silicon Valley-nya Saudi.

NEOM dibangun di dekat dengan proyek di Laut Merah, sebuah destinasi resor yang dikelilingi terumbu karang.

Reformasi kebijakan dilakukan dengan motif ekonomi untuk meningkatkan belanja domestik di sektor hiburan, mengingat kerajaan Saudi telah mulai pulih dari dampak merosotnya harga minyak sejak 2014.

Pada Februari lalu, Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi (GEA) akan menyelenggarakan lebih dari 5.000 festival dan konser pada 2018.

Bioskop pertama di Saudi juga telah dibuka dan Black Panther didaulat sebagai film perdana yang diputar.

Saat ini, penduduk Saudi menghabiskan miliaran dollar setiap tahun untuk melihat film dan mengunjungi taman hiburan di negara tetangga, seperti Dubai dan Bahrain.

https://internasional.kompas.com/read/2018/04/24/12021571/pemerintah-saudi-bangun-kawasan-hiburan-yang-dapat-saingi-disneyland

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke