Kompas.com - 23/02/2018, 08:49 WIB


RIYADH, KOMPAS.com — Reformasi kebijakan terus digulirkan Kerajaan Arab Saudi. Kali ini, giliran sektor hiburan yang akan mengumpulkan investasi miliaran dollar Amerika Serikat.

Dalam konferensi pers yang megah di Riyadh, Kamis (22/2/2018), Kepala Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi Ahmad bin Aqeel al-Khatib mengatakan, rencana investasi senilai 64 miliar dollar AS atau Rp 875 triliun akan menyasar sektor hiburan dalam satu dekade mendatang.

"Kami sudah membangun prasarana. Anda akan melihat perubahan nyata pada 2020," katanya.

Sekitar 5.000 pertunjukan sudah pula direncanakan untuk diselenggarakan pada tahun-tahun mendatang. Nama-nama seniman di panggung hiburan internasional, seperti Maroon 5, Andrea Bocelli, dan Cirque du Soleil, diharapkan mengisi perhelatan konser di Saudi.

Namun, Khatib tidak memberikan rincian tentang alokasi penggunaan dana ratusan triliun itu ataupun tanggal pertunjukan dari nama-nama seniman dunia.

Baca juga: Perempuan di Saudi Kini Bisa Memulai Bisnis Tanpa Harus Izin Pria

Seperti diketahui, di bawah kepemimpinan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman, kerajaan yang dikenal ultrakonservatif ini menempuh reformasi sosial dan ekonomi.

Pertengahan Januari tahun ini, perempuan Arab Saudi untuk pertama kalinya juga diperbolehkan menyaksikan pertandingan sepak bola secara langsung di stadion walaupun dalam tahap awal dibatasi di tiga kota besar, yakni Riyadh, Jeddah, dan Dammam.

Juni mendatang, perempuan Arab Saudi akan diizinkan mengemudi. Pencabutan larangan bioskop umum juga telah dicabut dengan perkiraan sekitar 300 bioskop mulai beroperasi pada 2030.

Baca juga: Pertama Kali, Perempuan Saudi Tonton Pertandingan Bola di Stadion

Langkah keterbukaan tersebut didorong Pangeran Mohammed bin Salman sebagai bagian dari yang dicanangkan sebagai Vision 2030 dengan tujuan diversifikasi ekonomi Arab Saudi sebagai tanggapan atas harga minyak dunia yang merosot.

Sektor hiburan kini dilihat sebagai salah satu potensi ekonomi mengingat banyak warga Arab Saudi yang pergi ke Dubai ataupun Bahrain untuk menonton film dan menikmati taman hiburan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.