Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar di Luar Negeri, Mahasiswa Saudi Bakal Terima Hadiah Rp 27,5 Juta

Kompas.com - 29/03/2018, 18:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Para pelajar dan mahasiswa asal Arab Saudi yang tengah menuntut ilmu di luar negeri bakal menerima penghargaan berupa uang dari Kerajaan Saudi sebesar 2.000 dollar AS (sekitar Rp 27,5 juta).

Hal tersebut setelah Raja Salman bin Abdulaziz menyetujui usulan dari Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman untuk mendukung pendidikan para pelajar Saudi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada para pelajar asal Saudi yang tengah menempuh pendidikan melalui program beasiswa kerajaan maupun yang menggunakan dana pribadi di universitas yang diakui.

Baca juga: Arab Saudi Bersihkan Kurikulum Sekolah dari Pengaruh Ikhwanul Muslimin

Menurut Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, saat ini ada sekitar 90.000 pelajar Saudi yang tengah menempuh pendidikan di luar negeri dengan beasiswa dari pemerintah. Sekitar 850 di antaranya bahkan belajar di 10 universitas terbaik dunia.

Dilansir dari Al Arabiya, usulan pemberian penghargaan kepada para pelajar Saudi di luar negeri itu muncul di saat kunjungan Pangeran Mohammed bin Salman di AS.

Ketika itu, pangeran yang akrab disapa MbS itu menyebut para pelajar yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri merupakan wajah kehormatan dari Arab Saudi.

Dilaporkan Kantor Berita Arab Saudi (SPA), Raja Salman juga menyetujui rekomendasi lain untuk memperluas program beasiswa luar negeri untuk menyertakan pelajar Saudi yang memenuhi persyaratan dan belajar di luar negeri dengan biaya sendiri.

Pekan sebelumnya, Kementerian Pendidikan Arab Saudi mengeluarkan sejumlah keputusan untuk membantu para mahasiswa Saudi yang sedang belajar di luar negeri.

Bantuan diberikan di antaranya agar mereka dapat mengambil pelajaran privat untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran, serta meningkatkan nilai para pelajar di universitas terkemuka.

Baca juga: Putra Mahkota Saudi Ingin Memimpin Arab Saudi Sampai Akhir Hayat

Sementara awal Januari lalu, para pelajar Saudi penerima beasiswa juga mendapat kenaikan beasiswa sebesar 10 persen selama setahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com