Kompas.com - 27/02/2018, 08:16 WIB


RIYADH, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Salman pada Senin (26/2/2018) merombak beberapa perwira tinggi militer kerajaan.

Gulf Daily News melaporkan, beberapa wakil menteri yang mulai goyah juga digantikan oleh pejabat muda di bidang ekonomi dan keamanan utama.

Kepala staf yang telah pensiun dan digantikan oleh Letnan Jenderal Fayyad bin Hamed Al Ruwayli. Kepala baru lainnya yang diangkat akan memimpin pertahanan udara dan darat negara tersebut.

Beberapa deputi baru di kementerian terkait ekonomi dan keamanan serta beberapa wali kota baru juga ditunjuk, termasuk Tamadur bin Youssef Al Rama sebagai wakil menteri buruh, sebuah jabatan yang langka diberikan kepada seorang perempuan.

Raja Salman juga melakukan pengangkatan tiga deputi gubernur dari kalangan keturunan Pangeran Ahmed, Talal dan Muqrin, saudara Raja Salman.

Salah satu dari mereka merupakan wakil gubernur baru provinsi Asir, Pangeran Turki bin Talal, yang merupakan saudara dari triliuner Pangeran Alwaleed bin Talal, yang ditahan dalam pemberantasan korupsi dan baru dibebaskan bulan lalu.

Tentara perempuan

Kerajaan Arab Saudi terus melakukan reformasi kebijakan. Negara tersebut untuk pertama kalinya membuka kesempatan bagi perempuan bergabung dengan militer untuk menjadi tentara.

Lowongan militer untuk perempuan dibuka di 7 area berbeda, termasuk Riyadh, Mekkah, Madina, Al Qusaim, Asir, Al Bahah, dan provinsi Timur.

Kendati perempuan tidak terlibat dalam pertempuran, namun mereka diberi kesempatan untuk bekerja di bidang keamanan.

Baca juga : Perempuan Saudi Kini Diizinkan Bergabung dengan Dinas Militer

Keputusan untuk merekrut tentara perempuan di Arab Saudi merupakan satu dari banyak reformasi kebijakan yang telah dikeluarkan.

Tujuannya, untuk meningkatkan hak perempuan untuk berkontribusi pada negara.

Sejak Pangeran Mohammed menjadi putra mahkota, Saudi yang dikenal konservatif perlahan-lahan mulai mengarahkan diri menjadi negara moderat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.