Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bom Meledak di Kota Pattani, 40 Orang Jadi Korban

Kompas.com - 09/05/2017, 15:53 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Sedikitnya 40 orang terluka bom ganda melanda sebuah kota di wilayah yang dilanda pemberontakan di Thailand, Selasa (9/5/2017).

Menurut keterangan polisi yang dikutip AFP, serangan bom tersebut merupakan aksi terbaru di tengah upaya perdamaian yang masih mengalami jalan buntu. 

Wilayah perbatasan di selatan Thailand merupakan kawasan berpenduduk mayoritas Muslim. Daerah itu dilanda kekerasan selama lebih dari satu dekade. 

Pemberontakan terjadi antara warga etnis Melayu, melawan penduduk mayoritas yang beragama Buddha.

Kelompok etnis Melayu itu mendesak pemerintah pusat untuk mendapatkan otonomi lebih besar. 

Serangan terbaru ini melanda Kota Pattani sekitar jam 14.00 waktu setempat. Dua bom meledak dalam waktu yang berdekatan di luar pusat perbelanjaan dekat pusat kota.

"Bom pertama itu kecil dan tidak ada yang terluka, tapi bom kedua sangat besar - saya belum tahu apakah itu bom mobil atau tidak," kata Kapten Preecha Prachumchai, dari Kepolisian Provinsi Pattani.

"Saat ini ada sekitar 40 orang telah terluka. Satu dalam kondisi serius," kata dia.

Gambar yang dikirim oleh petugas penyelamat yang terpantau di akun Twitter menunjukkan asap hitam tebal dari atas tempat parkir supermarket. Lalu ada beberapa kerusakan pada pintu masuk toko.

Penembakan dan serangan bom memang kerap terjadi di kawasan itu. Tercatat, aksi semacam ini telah menewaskan lebih dari 6.800 orang sejak tahun 2004.

Kedua belah pihak pun saling menuduh bahwa lawan mereka melakukan pelanggaran hak asasi manusia, dengan melakukan kekejaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com