Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeff Sessions Dipastikan Jadi Jaksa Agung Baru AS

Kompas.com - 09/02/2017, 07:46 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Senat Amerika Serikat memastikan Senator dari Partai Republik Jeff Sessions akan memegang jabatan Jaksa Agung baru Amerika Serikat. 

Seperti dikutip Reuters, kepastian ini diperoleh dari hasil voting yang digelar Senat di Washington DC, Rabu waktu setempat, atau Kamis pagi WIB (9/2/2017).

Senator asal Alabama ini dikenal dengan sikap kerasnya terhadap penegakan imigrasi dan menjadi salah satu pendukung awal Presiden AS Donald Trump.

Presiden Trump menominasikan nama Jeff Sessions setelah sebelumnya dia memecat pelaksana tugas Jaksa Agung Sally Yates yang diangkat pendahulunya, Barack Obama.

Sessions memastikan jabatan tersebut setelah mendapat keunggulan suara 52:47.

Baca: Trump Pecat Jaksa Agung Penentang Kebijakan Muslim Ban

Sebelumnya diberitakan, pemecatan Yates terjadi setelah dia memerintahkan para jaksa di Departemen Kehakiman untuk tidak membela perintah eksekutif terkait keimigrasian.

Perintah eksekutif yang ditentang khususnya mengenai penerapan larangan pemberian visa bagi imigran dari tujuh negara Muslim di dunia, yakni Iran, Irak, Suriah, Yaman, Somalia, Sudan, dan Libya.

"Pelaksana tugas Jaksa Agung, Sally Yates, telah mengkhianati Departemen Kehakiman dengan menolak untuk menegakkan hukum yang dibuat untuk melindungi warga AS," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, Selasa (31/1/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com