Kompas.com - 26/01/2017, 10:23 WIB
EditorPascal S Bin Saju

MEXICO CITY, KOMPAS.com – Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto, Rabu (25/1/2017), mengecam keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, untuk memerintahkan pembangunan tembok pemisah di perbatasan kedua negara.

Sementara pemimpin oposisi menyerukan Nieto untuk membatalkan pertemuan yang telah dijadwalkan dengan Trump di Washington DC, pekan depan.

Namun, Nieto tidak mengungkapkan apakah ia akan membatalkan atau tetap melakukan kunjungannya ke Washington DC untuk bertemua Trump.

"Saya menyesal dan mengecam keputusan AS untuk melanjutkan pembangunan tembok tersebut, yang bertahun-tahun, telah memisahkan kita ketimbang untuk menyatukan kita," kata Nieto, seperti dilaporkan Agence France-Presse, Kamis (26/1/2017).

Keputusan Trump  meneken perintah eksekutif untuk memulai pembangunan tembok di perbatasan Meksiko, langsung memicu reaksi.

Para politisi dan pejabat publik Meksiko mendesak Nieto membatalkan kunjungan kerjanya ke Washington DC bulan ini.

"Jika kunjungan kenegaraan diumumkan, dia (Presiden Nieto) akan disambut pintu yang dibanting di depan wajahnya," kata Cuauhtemoc Cardenas, mantan kandidat presiden sekaligus politisi berhaluan kiri Meksiko.

"Saya pikir kita setidaknya dalam kondisi ini adalah membatalkan kunjungan ke AS dan mencari posisi yang bermartabat bagi  Meksiko," tambah Cardenas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.