Kompas.com - 11/09/2016, 19:04 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Selatan ternyata mengembangkan sebuah rencana serangan antisipasi untuk menghancurkan ibu kota Korea Utara, Pyongyang jika negeri mencangangkan perang nuklir.

Kabar ini disampaikan kantor berita Yonhap mengutip keterangan seorang petinggi militer Korea Selatan, Minggu (11/9/2016).

"Semua distrik di Pyongyang, terutama tempat di mana para pemimpin Korea Utara bersembunyi akan dihancurkan rudal balistik dan pengeboman segera setelah Korea Utara menunjukkan tanda akan menggunakan senjata nuklir," kata petinggi militer itu.

"Dengan kata lain, ibu kota Korea Utara akan hancur menjadi debu dan hilang dari peta dunia," tambah petinggi militer itu seperti dikutip Yonhap.

Untuk menjalankan rencana itu, Korea Selatan akan mengandalkan rudal balistik buatan sendiri Hyunmoo yang memiliki daya jelajah hingga 1.000 kilometer.

Rudal balistik ini dirancang untuk mengincar posisi para pemimpin Korea Utara jika negeri itu menyatakan perang baik konvensional maupun perang nuklir.

Kabar ini menambah panas situasi Semenanjung Korea setelah uji coba nuklir kelima Korea Utara pada Jumat (9/9/2016), yang getarannya menimbulkan gempa berkekuatan 5,3 magnitudo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.