Kompas.com - 28/03/2016, 12:47 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

PESHAWAR, KOMPAS.com - Faksi Taliban yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan bom bunuh diri yang kini telah menewaskan 72 orang di sebuah taman di Lahore, Pakistan, Minggu (27/3/2016), mengaku memang menyasar umat Kristen.

Serangan itu dilakukan di sebuah taman yang memang populer di Lahore, saat perayaan Paskah.

"Kami memang merancang serangan itu untuk menyasar umat Kristen," ungkap Ehsanullah Ehsan, jurubicara faksi Taliban, Jamaat-ul-Ahrar, kepada Kantor Berita AFP, melalui sambungan telepon, Senin (28/3/2016). 

Ehsanullah bahkan menegaskan, kelompoknya bakal melakukan serangan serupa di waktu mendatang, dengan menyasar sekolah dan universitas. 

Sebelumnya diberitakan, saat ledakan terjadi, taman itu sedang penuh sesak dengan warga yang merayakan Paskah. Banyak korban adalah  wanita dan anak-anak.  

Wakil Komisaris Lahore, Mohammad Usman, menambahkan, jumlah korban luka mencapai 193 orang.

Presiden Pakistan pun langsung mengeluarkan kecaman atas serangan itu. Sementara, pemerintah lokal di Lahore langsung mengumumkan tiga hari berkabung menyusul kejadian ini.

Ledakan itu terjadi di gerbang utama menuju taman Gulshan-e-Iqbal.  Di daerah itu biasanya mobil-mobil diparkir, dan jarak dari tempat parkir ke area bermain anak sangat dekat.

Salah satu saksi mata mengatakan, ledakan menimbulkan kepanikan luar biasa. Orang-orang berlarian, menjerit, dan menangis, orangtua banyak kehilangan anak, banyak keluarga tercerai-berai, terpisah satu sama lain dalam suasana kacau, untuk menyelamatkan diri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.