Kompas.com - 09/10/2014, 23:28 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

MADRID, KOMPAS.com - Kondisi perawat Spanyol yang terinfeksi virus ebola, Teresa Romero (44), disebut berisiko serius menyebabkan kematian. Saat ini empat orang masih berada di ruang isolasi terkait ebola, di Spanyol.

Kabar soal memburuknya kondisi pasien tersebut disampaikan oleh Kepala Pemerintah Daerah Madrid, Ignacio Gonzalez, pada Kamis (9/10/2014). "Sangat sakit dan hidupnya terancam serius akibat virus (ebola) itu," kata Gonzales di depan parlemen daerah.

Romero merupakan orang pertama dari luar kawasan Afrika Barat yang terdiagnosa terinfeksi ebola. Dia tertular ebola dari seorang imam asal Afrika.

Sejak saat itu, tujuh orang di Spanyol ditempatkan di ruang isolasi, meski hanya Romero yang dinyatakan positif terjangkit ebola. Enam orang lain itu termasuk suami Romero dan dua dokter yang merawat Romero.

Tiga orang sudah dikeluarkan dari ruang isolasi, Rabu (8/10/2014), setelah pengujian virus memastikan mereka tak terjangkit ebola. 

Pejabat kesehatan di Rumah Sakit Carlos III, tempat Romero dirawat, mengatakan situasi klinis Romero memburuk. Namun, pejabat itu menolak memberikan penjelasan lebih lanjut karena prinsip kerahasiaan pasien.

Komisi Eropa meminta penjelasan tentang bagaimana Romero dapat terinfeksi ebola di tempat dengan sistem keamanan kesehatan yang tinggi.

"Sudah jelas bahwa pasien sendiri telah mengakui bahwa dia tidak ketat mengikuti protokol (penanganan ebola)," kecam Ruben Moreno, juru bicara kesehatan bagi Partai Rakyat yang berkuasa, dalam sebuah wawancara televisi.

German Ramirez, salah satu dokter di rumah sakit tempat Romero sedang dirawat, Rabu, mengaku menyentuh wajah Romero meski memakai sarung tangan.

Dokter lain yang merawat Romero yang sekarang berada di ruang isolasi juga, mengatakan lengan pakaian pelindung yang dia kenakan saat menangani Romero terlalu pendek.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber ,Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.