Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Suriah, Anak-anak Berenang di Lubang Bekas Bom

Kompas.com - 15/07/2014, 18:48 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Di tengah kecamuk perang saudara yang sudah berlangsung lebih dari tiga tahun, anak-anak Suriah mencoba melakukan hal-hal normal yang dilakukan anak-anak seperti biasa.

Di tengah perjuangan untuk bertahan hidup, anak-anak kota Aleppo yang hancur luluh akibat perang mencoba tetap bertahan hidup dengan bermain.

Salah satu permainan yang mereka sukai adalah berenang. Namun, mereka bukan berenang di kolam-kolam renang, melainkan di lubang-lubang bekas bom yang kini telah terisi penuh air.

"Dulu kami berenang di kolam renang di pusat kota. Kini setelah Assad menjatuhkan bom kepada kami maka lubang-lubang bom itu kini menjadi kolam renang," kata seorang remaja kepada AFP.

"Hari ini sangat panas dan kami sulit tidur di siang atau malam hari," tambah anak itu sehingga mereka butuh berenang untuk mendinginkan tubuh.

Seorang anak yang lain mengatakan bahwa dia sudah beberapa hari terakhir hidup tanpa pasokan listrik dan air bersih.

"Anak-anak datang dan berenang di lubang-lubang ini meski airnya sangat kotor. Bahkan orang-orang yang pulang kerja datang untuk mandi," kata dia.

Rangkaian foto-foro "kolam renang" dadakan ini muncul setelah Dewan Keamanan PBB menyetujui sebuah resolusi pada Senin (14/7/2014) yang mengesahkan bantuan kemanusiaan untuk warga Suriah di wilayah yang dikuasai pemberontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com