Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Turki Gusur 16 Kepala Polisi Provinsi

Kompas.com - 08/01/2014, 16:39 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintahan Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan kembali menggusur 16 kepala kepolisian provinsi negeri itu. Menurut warta AP  dan Harian Zaman  pada Rabu (8/1/2014), mereka dianggap tersangkut kasus korupsi.

Catatan menunjukkan, para kepala kepolisian yang ikut dicopot berasal dari provinsi penting seperti Ankara, Diyarbakir, Izmir, Adana, dan Antalya. Sementara, kemarin, PM Erdogan juga sudah melengserkan 350 anggota polisi Ankara.

Termutakhir, sudah ada 250 anggota polisi yang disiapkan untuk menduduki jabatan-jabatan yang kosong tersebut.

Sebelumnya, pada 17 Desember 2013, lebih dari 80 orang, termasuk seorang pebisnis, kawan dekat PM Erdogan dan anak-anak dari tiga menterinya dijebloskan ke penjara. Mereka dibidik pemerintah untuk tuduhan penyuapan dan korupsi.

Kebijakan PM Erdogan berbuntut panjang. Pascapenjeblosan itu Menteri Lingkungan Hidup Erdogan Bayraktar, Menteri Dalam Negeri Muammer Guler, dan Menteri Perekonomian Zafer Caglayan memilih memundurkan diri. Kemudian, PM Erdogan melakukan perombakan kabinet besar-besaran.  


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com