Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target ISIS, Serangan Udara Rusia Malah Menghajar Afiliasi Al Qaeda

Kompas.com - 01/10/2015, 18:07 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Serangan udara pesawat tempur Rusia yang terbaru menghajar basis yang dikuasai koalisi pemberontak Islam di Suriah, termasuk afiliasi Al Qaeda di Suriah barat laut, kata seorang sumber keamanan Suriah.

"Serangan udara dari pesawat tempur Rusia menyerang basis yang dikuasai Tentara Penakluk di Jisr al-Shugur dan Jabal al-Zawiya di Provinsi Idlib," kata sumber tersebut lantar menambahkan gudang senjata yang dikuasai oleh "kelompok bersenjata" di provinsi tetangga Hama juga menjadi sasaran.

Tentara Penakluk telah berpencar ke seluruh provinsi Idlib dan segera meluas ke Latakia, provinsi benteng pertahanan kubu Presiden Bashar al-Assad. Aliansi tersebut juga melawan sengit kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang menjadi target Rusia.

Seorang anggota Tentara Penakluk melalui akun Twitter menyatakan, "Aliansi babi-babi Rusia telah melancarkan serangannya ... dengan menghancurkan masjid di Jisr al-Shughur dan meratakannya,"

Rusia mulai melancarkan serangannya dengan target ISIS pada Rabu (30/9/2015) setelah disetujui parlemen. Namun serangan ke tiga provinsi yakni Hama, Homs dan Latakia, sama sekali tidak menyasar ISIS. Malah sebaliknya, akibat serangan itu puluhan warga sipil tewas. [Baca juga: Rusia Serang 3 Provinsi di Suriah, 27 Warga Sipil Tewas]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com