Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Greta Thunberg Ogah Habiskan Waktu Bicara dengan Trump

Kompas.com - 02/01/2020, 11:52 WIB
Inang Sh ,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com –Aktivis lingkungan Greta Thunberg mengatakan, dia ogah menghabiskan waktu berbicara dengan Presiden AS, Donald Trump.

Inisiator gerakan Friday for Future, aksi para pelajar menuntut pemimpin negara mengatasi dampak perubahan iklim, mengucapkannya saat diwawancara BBC Radio 4 Senin (30/12/2019).

Greta Thunberg mengaku pernah satu forum dengan Trump ketika menghadiri pertemuan PBB untuk membahas perubahan iklim di New York, pada awal 2019.

Greta ditanya apa yang akan dia katakan kepada presiden 73 tahun itu, yang memutuskan menarik diri dari Perjanjian Paris.

Padahal, AS termasuk negara penyumbang emisi terbesar di dunia, bahkan tengah membalikkan standar pengaturan polusi yang disusun selama bertahun-tahun.

Baca juga: Greta Thunberg dan Perempuan Gambut

Ditanya seperti itu, aktivis berusia 16 tahun tersebut menjawab bahwa dia tidak akan mengatakan apa-apa karena Trump tidak mendengarkan ilmuwan dan pakar.

"Jadi, kenapa dia harus mendengarkanku? Aku mungkin tidak akan mengatakan sesuatu, aku tidak ingin menghabiskan waktuku," ujarnya.

Diketahui, Greta Thunberg dan Trump beberapa kali melempar sindiran bernada sarkas terkait perbedaan pandangan pada perubahan iklim.

Sebelumnya, Trump mengejek gadis asal Swedia yang dinobatkan sebagai "Person of the Year" versi majalah Time tersebut.

“Sangat lucu. Greta harus mengatasi masalah kemarahannya, lalu pergi ke bioskop bersama temannya! Tenang, Greta, tenang!,”ujarnya.

Baca juga: Sekilas tentang Greta Thunberg, Sosok Termuda di Person of The Year 2019

Jauh sebelum itu, Trump juga mengejeknya terkait pidato emosional Greta di hadapan para pemimpin dunia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim PBB.

"Dia gadis muda yang sangat senang, menantikan masa depan yang indah dan bersinar. Sangat menyenangkan melihatnya," katanya dari akun Twitter-nya.

Tak hanya Trump, Presiden Brazil dari ekstrem kanan, Jair Bolsonaro, juga pernah melontarkan kritikan terhadap Greta Thunberg.

“Sangat mengejutkan jumlah pemberitaan yang diberikan media kepada bocah nakal itu,” ungkapnya dalam bahasa Portugis.

Baca juga: Trump Kritik Greta Thunberg: Pergilah Menonton Film Bersama Teman!

Ketika dimintai komentar pada pengkritiknya, Greta mengatakan ucapan-ucapan itu lucu belaka karena jelas tidak bermakna apa-apa.

“Menurutku, tentu itu bermakna sesuatu. Mereka takut pada anak muda yang membawa perubahan yang mereka tidak inginkan, tapi itu bukti kalau kami melakukan sesuatu dan mereka melihatnya sebagai sebuah ancaman,” balasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com