Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Kritik Greta Thunberg: Pergilah Menonton Film Bersama Teman!

Kompas.com - 13/12/2019, 14:20 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump melontarkan kritikan kepada aktivis perubahan iklim Greta Thunberg.

Pernyataan itu disampaikan setelah aktivis Swedia berusia 16 tahun itu menjadi "Person of the Year" 2019 versi TIME.

"Sangat konyol. Greta Thunberg harus mengelola kemarahannya. Pergilah menonton film bersama teman! Tenang Greta, tenang!" kritik Trump.

Baca juga: Aktivis Perubahan Iklim Greta Thunberg Masuk Person of the Year Versi TIME

Dilansir AFP Kamis (12/12/2019), Greta yang menjadi terkenal karena kampanye "Fridays For Future" itu melakukan balasan.

"Seorang gadis yang sedang mengelola amarahnya. Saat ini sedang menonton film bagus bersama teman," tulis Greta di bio Twitter.

Bukan kali ini saja dia membalas setiap pemimpin negara yang mengomentarinya. Sebelum Trump, dia menerima kritikan dari Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

"Sangat impresif melihat pers memberikan porsi bagi pirralha (anak nakal) sepertinya," ucap Bolsonaro dalam bahasa Portugis.

Greta kemudian menanggapi dengan mengubah bio Twitter-nya dengan satu kata "Pirralha" sesuai dengan apa yang diucapkan Bolsonaro.

Kemudian pada September, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut Greta sebagai "anak yang baik namun kurang menerima cukup informasi".

Seperti yang sudah-sudah, Greta menyikapinya dengan mengubah bio Twitter bertuliskan "seorang remaja yang baik tapi kurang informasi".

Kampanye Greta dimulai pada Agustus 2018, ketika memilih bolos sekolah dan memilih protes di depan Parlemen Swedia setiap Jumat.

Sambil membawa poster bertuliskan "aksi protes perubahan iklim dari sekolah", aksinya diikuti oleh murid lain di seluruh dunia.

Pada KTT Perubahan Iklim di Madrid pekan ini, dia mengecam negara adidaya karena "merendahkan" rspons negara lain soal isu perubahan iklim.

Pidato paling terkenalnya adalah ketika hadir dalam Sidang Tahunan PBB di New York September lalu, di mana dia menyerukan kalimat "Betapa beraninya kalian".

Baca juga: Aktivis Remaja Greta Thunberg Diabadikan Jadi Nama Spesies Kumbang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com