Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2019, 21:47 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Pangeran Harry mengungkapkan bahwa dia dan saudaranya, Pangeran William, sedang tak sejalan dan mengaku jika sesekali terjadi ketegangan dalam hubungan mereka.

Duke of Sussex (35) belakangan telah dirisaukan dengan desas-desus tentang keretakan hubungannya dengan sang kakak, William, yang terpaut dua tahun lebih tua darinya.

Harry mengaku bahwa ada hal-hal yang tidak terhindarkan terjadi, mengingat peran penting keduanya dalam keluarga kerajaan.

"Kami adalah saudara dan kami akan selalu menjadi saudara," ujar Pangeran Harry dalam wawancara dengan stasiun televisi ITV yang direkam selama tur resminya bersama sang istri Meghan dan putranya Archie, ke Afrika selatan baru-baru ini.

Baca juga: Istri Pangeran Harry Gugat Surat Kabar yang Publikasikan Suratnya kepada Sang Ayah

"Kami jelas sedang berada di jalan yang berbeda saat ini, namun saya tetap akan selalu ada untuknya karena saya tahu dia juga akan selalu ada untuk saya."

"Kami tidak saling bertemu seperti dulu karena kami sangat sibuk, tapi saya sangat menyayanginya," kata Harry.

Ikatan yang dekat antara William dengan Harry terjalin setelah insiden kecelakaan mobil di Paris pada 1997, yang menewaskan ibu mereka, Diana, di usia 36 tahun.

Namun di saat William suatu hari ditakdirkan untuk bertakhta sebagai Raja Inggris, Harry, yang menempati urutan keenam dalam pewaris takhta kerajaan, dan kini telah memiliki keluarganya sendiri, dengan istri dan seorang anak, mulai terlihat menjauh.

Tahun ini, kedua bersaudara itu memisahkan ruang kerja dan yayasan amal mereka. Keduanya juga tidak lagi tinggal berdekatan.

Baca juga: Ikuti Jejak Putri Diana, Pangeran Harry Berjalan di Ladang Ranjau Angola

Tak hanya antara kedua pangeran, Meghan, yang menikah dengan Harry pada Mei 2018, juga dikabarkan berselisih dengan istri William, Kate.

Meghan (38), yang merupakan mantan aktris asal AS, telah berhadapan dengan media Inggris yang keras dan tabloid yang menuliskan kisah keluarganya yang tak harmonis, ditambah dengan rumor keretakan di istana.

Bersama Harry, pasangan Duke dan Duchess of Sussex ini, telah melayangkan tuntutan hukum terhadap sebuah media tabloid Inggris, The Mail, karena dugaan melanggar privasi setelah memuat surat yang dikirim Meghan kepada sang ayah.

Harry juga dilaporkan menggugar dua kelompok surat kabar atas dugaan melakukan peretasan telepon dan menyadap pesan suara.

Saat ditanya apakah Meghan menghadapi tekanan media, Harry menjawab, "Saya punya keluarga yang harus dilindungi. Dan saya tidak akan diganggu dengan permainan yang telah menewaskan ibu saya".

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Bawa Putra Mereka dalam Tur Resmi Keluarga ke Afrika Selatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com