Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2019, 10:22 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Harry dan istrinya Meghan dikabarkan bakal membawa putra pertama mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor , dalam tur resmi keluarga ke Afrika Selatan.

Kunjungan itu akan menjadi agenda resmi pertama yang diikuti keluarga Pangeran Harry, yang direncanakan dalam rangkaian perjalanan 10 hari di Afrika.

Duke dan Duchess of Sussex dijadwalkan mendarat di kota Cape Town, Afrika Selatan pada Senin (23/9/2019).

Tur keluarga Pangeran Harry tersebut akan diawali dengan kegiatan lokakarya pendidikan di Cape Town, sebuah kawasan yang lumpuh akibat kekerasan geng, yang terletak hanya beberapa kilometer dari pantai yang indah dan kebun anggur yang menawan.

Baca juga: Pangeran Harry: Saya Pakai Pesawat Komersial

Kunjungan selanjutnya adalah museum District Six, sebuah monumen peringatan untuk relokasi paksa sekitar 60.000 warga non-kulit putih dari pusat kota selama apartheid.

Melalui kunjungan ini, si kecil Archie, yang masih berusia kurang dari lima bulan, akan menjadi salah satu bangsawan termuda dari Kerajaan Inggris yang ambil bagian dalam sebuah kunjungan resmi.

Dilansir AFP, perjalanan ini juga akan menandai penampilan publik besar pertama Archie, sejak kelahirannya pada bulan Mei.

Si kecil Archie terakhir kali muncul di hadapan publik di sela-sela pertandingan polo amal yang digelar pihak kerajaan pada Juli lalu.

Baca juga: Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle Mengkhawatirkan, Benarkah?

Pangeran Harry dan Meghan memang mencoba sebisa mungkin tidak membawa putra pertama mereka menjadi sorotan publik dengan beberapa acara yang memang digelar secara rahasia atau tertutup.

Meghan dan Archie akan menemani Pangeran Harry selama tiga hari hingga Rabu mendatang, sebelum Harry melanjutkan rangkaian kunjungan seorang diri ke Botswana, Angola, dan Malawi.

Pangeran Harry dijadwalkan mengunjungi sejumlah proyek konservasi dan pencegahan HIV, serta bekas ladang ranjau di Angola, di mana almarhum ibunya, Putri Diana, juga sempat berkunjung pada 1997.

Selama Pangeran Harry meneruskan rangkaian kunjungan ke negara-negara Afrika, Meghan dan Archie akan tetap di Afrika Selatan.

Baca juga: Pangeran William Mengaku Tak Keberatan Jika Anaknya Menjadi Gay

Meghan akan melakukan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan kesadaran tentang hak-hak perempuan di negara itu.

Keluarga Harry akan kembali berkumpul di Johannesburg, pekan depan, di mana mereka bertiga akan menjalani hari terakhir tur sebelum terbang kembali ke Inggris, pada 2 Oktober.

Selama di Afrika Selatan, keluarga Pangeran Harry akan bertemu dengan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, pemenang Hadiah Nobel Desmond Tutu, serta Graca Machel, istri mendiang presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan Nelson Mandela.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com