Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Tentara AS Tewas Dibunuh Seorang Prajurit Afghanistan

Kompas.com - 30/07/2019, 15:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

KABUL, KOMPAS.com - Dua tentara Amerika Serikat (AS) dilaporkan tewas dibunuh oleh seorang prajurit Afghanistan, dan menjadi kasus terbaru dari serangan orang dalam.

Militer AS pada Senin menyatakan (29/7/2019), dua tentara mereka tewas dibunuh. Namun tidak memberikan detil lebih dan menunda pemberitahuan lanjutan.

Baca juga: Trump Sebut AS Bisa Hapus Afghanistan dari Bumi, Ini Reaksi Taliban

"Identitas anggota yang terbunuh itu tidak akan diberitahukan setidaknya 24 jam setelah keluarga mereka mendapat laporan," ujar Resolute Support, misi NATO di Afghanistan.

Dilansir AFP Selasa (30/7/2019), aksi itu membuat jumlah personel tentara AS yang gugur dalam tugas di Afghanistan sepanjang tahun ini menjadi 12 orang.

Wakil Kepala Polisi Provinsi Kandahar Mohammad Qasam mengungkapkan, serangan itu terjadi di pangkalan militer Afghanistan ketika AS sedang berkunjung.

"Informasi awal yang kami dapatkan adalah dua tentara AS tewas dibunuh dan satu orang terluka," ucap Qasam. Misi Pasukan AS-Afghanistan tal memberi respons.

Sementara juru bicara kelompok Taliban Zabihullah Mujahid dalam rilis kepada AFP menjelaskan bahwa dua serdadu Negeri "Uncle Sam" itu tidak dibunuh oleh penyusup.

"Seorang prajurit Afghanistan yang patriot segera menembakkan peluru kepada pasukan itu (AS) dalam serangan yang berlangsung di Kandahar," papar Mujahid.

Bahir Ahmadi yang merupakan juru bicara pemerintah provinsi juga menuturkan bahwa penyerangan tersebut dilakukan di salah satu markas militer mereka.

Pada 17 Juli lalu, seorang kolonel angkatan darat setempat ditembak mati oleh salah satu prajuritnya ketika melakukan peninjauan keamanan di Provinsi Ghazni.

Serangan orang dalam, disebut juga sebagai green on green, merupakan ancaman yang tak hanya dihadapi pasukan negara asing. Namun juga tentara Afghanistan sendiri.

Baca juga: Wakil Pemimpin Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Pimpin Delegasi ke Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com