Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2018, 19:27 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan (Korsel) menginformasikan kepada warganya soal status hadiah makanan yang diberikan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Diberitakan Yonhap via Newsweek Kamis (8/11/2018), Kantor Kepresidenan (Cheong Wa Dae) mengumumkan makanan tersebut tidak berbahaya.

Dalam keterangan resminya, Cheong Wa Dae telah melakukan proses karantina terhadap dua ton jamur pinus, dikenal juga sebagai jamur matsutake, sejak tiba di Seoul.

Baca juga: Jamur Pinus Mahal Jadi Hadiah Spesial Kim Jong Un untuk Moon Jae-in

Otoritas Korsel juga melaksanakan tes radiasi di jamur tersebut. Hasilnya, kandungan radiasi dalam jamur tersebut sangat jauh dari batas bahaya.

Cheong Wa Dae menyatakan, radiasi dalam jamur itu 0,034 microsieverts (usv). Sementara batas yang ditetapkan Badan Atom Dunia (IAEA) adalah 1.000 usv.

"Karena itu, kami menginformasikan bahwa jamur tersebut tidak berbahaya serta aman dikonsumsi," demikian pernyataan dari Cheong Wa Dae.

Pernyataan itu ditentang politisi oposisi dari Partai Liberal Kim Seung-hee. "Pemerintah tidak memindai jamur tersebut," ujarnya kepada KBS World Radio.

Kim mengirim jamur tersebut ketika dia bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di Pyongyang pada 18-20 September lalu.

Gestur yang ditunjukkan Kim terjadi jelang Chuseok, atau juga dikenal sebagai Thanksgiving Korea, yang jatuh pada 24 September.

Di luar negeri, jamur tersebut merupakan makanan mewah dengan harga yang dilaporkan mencapai 2,6 juta dollar AS, atau Rp 38,1 miliar.

Moon kemudian mengumumkan bakal membagikan jamur-jamur itu kepada 4.000 orang yang anggota keluarganya terpisah saat Perang Korea.

Setiap keluarga mendapat sekitar 500 gram. Dia berharap dengan pemberian tersebut, warga yang keluarganya terpisah bisa sedikit terhibur.

"Hari di mana Anda bakal melihat dan merangkul keluarga di sana bakal terjadi. Mohon tetaplah sehat sampai saat itu tiba," kata Moon.

Baca juga: Presiden Korsel: Kim Jong Un Mungkin Bakal Kunjungi Rusia

Pemberian hadiah yang dilakukan seorang Pemimpin Korut bukanlah hal baru. Ayah Kim, Kim Jong Il, juga melakukannya pada 2000 silam.

Dia mengirim tiga ton jamur pinus kepada Presiden Kim Dae-jung sebagai apresiasi karena sang presiden berkunjung ke Korut.

Sebagai balasannya Kim Dae-jung dilaporkan mengirimkan dua ekor anjing Jindo dan televisi kepada negeri komunis tersebut.

Pada 2007, Kim Jong Il juga mengirimkan empat ton atau sekitar 500 kotak jamur pinus kepada Presiden Roh Moo-hyun untuk membalas pemberian hadiah atas kunjungannya ke Korea Utara.

Baca juga: Dua Anjing Pungsan Jadi Hadiah Kim Jong Un untuk Presiden Korsel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com