Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Anjing Pungsan Jadi Hadiah Kim Jong Un untuk Presiden Korsel

Kompas.com - 30/09/2018, 19:08 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP,Yonhap

SEOUL, KOMPAS.com- Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menerima hadiah sepasang anjing pemburu asal Korea Utara, Pungsan.

Diumumkan oleh Kantor Istana Kepresidenan Korea Selatan pada Minggu (30/9/2018), anjing jenis Pungsan jantan dan betina berusia sekitar satu tahun itu diberikan oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Anjing diserahkan di desa gencatan senjata Panmunjom dengan 3 kg makanan anjing, untuk membantu adaptasi kedua hewan berbulu itu.

"Cheong Wa Dae (kantor kepresidenan) diberi sepasang anjing Pungsan dari Utara sebagai hadiah pada KTT Korea Utara dan Selatan," demikian pernyataan, seperti diwartakan AFP.

Baca juga: Jamur Pinus Mahal Jadi Hadiah Spesial Kim Jong Un untuk Moon Jae-in

Kedua anjing berwarna putih diterima pada Kamis lalu, menjalani karantina.

Melansir Yonhap News, Kantor Kepresidenan Korea Utara menyatakan, anjing-anjing itu diberi nama Songkang dan Gomi. Keduanya diketahui lahir pada 2017 di wilayah Pungsang, Korea Utara.

Hadiah berupa anjing ini diberikan setelah Moon dan Kim bertemu di Pyongyang, Korea Utara, pada 18-20 September lalu.

Kim menyatakan setuju untuk menutup situs uji coba rudal dan berencana mengunjungi Seoul. Dua Korea juga mengumumkan akan bersama-sama mengajukan diri untuk bergabung pada Olimpiade 2032.

Dikenal karena kesetiaan dan kecerdasannya, Pungsan merupakan anjing pemburu dengan bulu tebal berwarna putih atau kuning muda, telinga runcing, dan mata cokelat.

Anjing yang berasal dari wilayah pegunungan Korea Utara tersebut dibiakkan untuk berburu harimau dan hewan liar lainnya.

Mereka dikenal lincah, pintar, dan ganas terhadap binatang buas, tapi ramah dan setia kepada majikannya.

Secara rata-rata, anjing Pungsan memiliki tinggi badan berkisar 55-60 cm dan berat sekitar 20-30 kg.

Baca juga: Di DK PBB, Rusia dan China Minta Sanksi untuk Korea Utara Dilonggarkan

Seperti anjing jenis Jindo di Korea Selatan, anjing Pungsan dianggap spesies anjing paling berharga di Semenanjung Korea.

Mantan presiden Korea Selatan Kim Dae-jung juga pernah menerima sepasang anak anjing, usai melakukan pertemuan di Pyongyang dengan pemimpin Korea Utara kala itu, Kim Jong Il, pada 2000.

Anjing tersebut dipelihara di Seoul Grand Park. Namun kedua hewan berkaki empat itu mati pada 2013, setelah melahirkan 21 anak anjing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,Yonhap
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com