Kompas.com - 21/09/2018, 10:03 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berkunjung selama tiga hari di Pyongyang, Korea Utara, yang berakhir pada Kamis (20/9/2018).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tak akan membiarkan tamu istimewanya itu pulang dengan tangan kosong.

Melansir The Korea Times, Kim Jong Un mengirimkan dua ton jamur pinus khas Korea Utara yang mahal sebagai hadiah untuk Moon Jae-in.

Sebelum Moon pulang ke negaranya, sekretaris pers kepresidenan Korea Selatan Yoon Young-chan mengatakan, Kim telah mengirim dua ton jamur pinus yang dikenal dengan sebutan songyi.

Baca juga: Percepat Denuklirisasi, Kim Jong Un Ingin Kembali Bertemu Trump

Dua ton jamur itu tiba di Pangkalan Udara Seoul di Seongnam dengan diangkut pesawat kargo pada pukul 05.36 waktu setempat.

"Semua jamur akan didistribusikan kepada keluarga Korea Selatan yang terpisah dengan anggotanya di Korea Utara dan masih merasakan duka pada hari mereka," demikian pernyataan dari Yoon.

Jamur pinus khas Korea Utara atau biasa disebut songyi. (The Korea Times) Jamur pinus khas Korea Utara atau biasa disebut songyi. (The Korea Times)
Moon dilaporkan lebih memilih untuk membagikan jamur-jamur asal Korea Utara kepada 4.000 anggota keluarga.

"Secara khusus, warga senior akan menjadi prioritas di antar 4.000 orang, dan mereka akan mendapat masing-masing sekitar 500 gram sebelum Chuseok," ucap Yoon, seperti dikutip dari Newsweek.

Chuseok adalah hari libur nasional selama tiga hari untuk merayakan ucapan syukur atas keberhasilan panen, yang dimulai pada Minggu (23/9/2018).

Pada 2000, pemimpin Korea Utara saat itu, Kim Jong Il, juga pernah mengirimkan tiga ton jamur pinus liar ke Korea Utara sebagai balasan atas hadiah yang diberikan Presiden Kim Dae-jung saat berkunjung ke negara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.