Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2018, 10:03 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berkunjung selama tiga hari di Pyongyang, Korea Utara, yang berakhir pada Kamis (20/9/2018).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tak akan membiarkan tamu istimewanya itu pulang dengan tangan kosong.

Melansir The Korea Times, Kim Jong Un mengirimkan dua ton jamur pinus khas Korea Utara yang mahal sebagai hadiah untuk Moon Jae-in.

Sebelum Moon pulang ke negaranya, sekretaris pers kepresidenan Korea Selatan Yoon Young-chan mengatakan, Kim telah mengirim dua ton jamur pinus yang dikenal dengan sebutan songyi.

Baca juga: Percepat Denuklirisasi, Kim Jong Un Ingin Kembali Bertemu Trump

Dua ton jamur itu tiba di Pangkalan Udara Seoul di Seongnam dengan diangkut pesawat kargo pada pukul 05.36 waktu setempat.

"Semua jamur akan didistribusikan kepada keluarga Korea Selatan yang terpisah dengan anggotanya di Korea Utara dan masih merasakan duka pada hari mereka," demikian pernyataan dari Yoon.

Jamur pinus khas Korea Utara atau biasa disebut songyi. (The Korea Times) Jamur pinus khas Korea Utara atau biasa disebut songyi. (The Korea Times)
Moon dilaporkan lebih memilih untuk membagikan jamur-jamur asal Korea Utara kepada 4.000 anggota keluarga.

"Secara khusus, warga senior akan menjadi prioritas di antar 4.000 orang, dan mereka akan mendapat masing-masing sekitar 500 gram sebelum Chuseok," ucap Yoon, seperti dikutip dari Newsweek.

Chuseok adalah hari libur nasional selama tiga hari untuk merayakan ucapan syukur atas keberhasilan panen, yang dimulai pada Minggu (23/9/2018).

Pada 2000, pemimpin Korea Utara saat itu, Kim Jong Il, juga pernah mengirimkan tiga ton jamur pinus liar ke Korea Utara sebagai balasan atas hadiah yang diberikan Presiden Kim Dae-jung saat berkunjung ke negara tersebut.

Presiden Korsel kala itu, Kim Dae-jung memberikan hadiah berupa dua ekor anjing Jindo dan televisi kepada Korea Utara.

Baca juga: Tiba di Pyongyang, Presiden Korsel Disambut Pelukan Kim Jong Un

Pada 2007, Kim Jong Il juga mengirimkan empat ton atau sekitar 500 kotak jamur pinus kepada Presiden Roh Moo-hyun untuk membalas pemberian hadiah atas kunjungannya ke Korea Utara.

Harga jamur yang langka itu diperkirakan mencapai 2,6 juta dollar. Namun, harganya mengalami penurunan seperti yang dilaporkan oleh Quartz pada April lalu.

Dalam perjalanan Roh Mooh-yun ke Korea Utara memberikan hadiah seperti furnitur sekat lipat tradisional, piring, teh hijau, dan film-film populer Korea Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com