Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Meksiko Ini Izinkan Warganya Bercinta di Tempat Umum

Kompas.com - 22/08/2018, 12:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

GUADALAJARA, KOMPAS.com - Anggota dewan di Guadalajara, Meksiko, dilaporkan mengesahkan peraturan yang memperbolehkan orang berhubungan seks di tempat umum.

Dilansir Newsweek Selasa (21/8/2018), undang-undang itu disahkan untuk menghindari pemerasan yang dilakukan polisi kepada pasangan yang ketahuan melakukannya.

Baca juga: Kota di Kolombia Ini Larang Warganya Berhubungan Seks Saat Siang Hari

Dalam modifikasi Pasal 14 Anggaran Rumah Tangga Pemerintahan, disebutkan seseorang diizinkan untuk bercinta di tempat umum maupun lahan pribadi.

"Melakukan hubungan seks atau eksibisionis baru dikategorikan sebagai pelanggaran administratif sepanjang terdapat laporan dari pihak ketiga," demikian bunyi aturan itu.

Anggota dewan, Guadalupe Morfin Otero kepada media lokal El Universal berkata, aturan ini dilakukan setelah muncul studi di kalangan mahasiswa.

Dari studi tersebut 90 persen di antaranya mengaku diancam polisi dengan hukuman serius jika tak memberikan mereka sesuatu.

El Universal memberitakan, legalisasi itu muncul setelah banyak kritik bahwa seharusnya polisi fokus ke kejahatan serius.

Apalagi, angka pembunuhan di Meksiko mengalami kenaikan hingga 16 persen sepanjang paro pertama 2018 ini.

Di awal Agustus, polisi menemukan 20 jenazah yang dikubur di lubang rahasia yang terletak di kawasan metropolitan Guadalajara.

Namun, kritik merebak karena legalisasi tersebut bakal memberi ruang kepada pelaku pemerkosaan untuk melecehkan korbannya.

Baca juga: Fotografer Abadikan Ekpresi Wajah Sepasang Singa saat Sedang Bercinta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com