Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbobot 15 Kilogram, Kucing Ini Jalani Diet Ketat

Kompas.com - 31/07/2018, 14:25 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

DETROIT, KOMPAS.com - Obesitas ternyata tak hanya menimpa manusia, seekor kucing milik seorang warga Michigan, AS ini juga menderita kelebihan berat badan akut.

Bronson, kucing berusia tiga tahun itu, memiliki bobot tubuh jumbo yaitu 15 kilogram saat tiba di eumah penampungan West Michigan Humane Society pada Mei lalu setelah pemiliknya meninggal dunia.

Bobot kucing itu dua kali libat dibanding berat badan kucing rata-rata bahkan lingkar  perutnya berukuran 81 centimeter.

Para sukarelawan di rumah penampungan itu menduga pemilik Bronson kerap memberinya makan secara berlebihan sehingga badan kucing itu membengkak.

Baca juga: Ketahuan Jual Daging Kucing, Pria Kenya Dikirim ke Penjara

Pada Mei lalu, kucing gendut ini menarik perhatian pasangan Mike Wilson (35) dan Megan Hanneman (29) yang ingin mengadopsi seekor kucing.

Pasangan ini mengetahui Bronson membuntuhkan bantuan agar bobot tubuhnya turun beberapa kilogram. Mereka akhirnya memutuskan untuk mengadopsi Bronson.

Megan dan Mike kemudian menjalankan diet ketat untuk Bronson sesuai anjuran dokter hewan. Dokter membatasi makanan untuk Bronson hanya mengandung 375 kalori sehari.

"Saat kami melihat Bronson, kamu amat terkejut melihat kucing denan ukuran teramat besar. Dia membutuhkan bantuan," ujar Mike.

Mike dan Megan yang sudh memiliki tiga ekor kucing di kediaman mereka bertekad menurunkan bobot Bronson setidaknya 0,5 kilogram sebulan.

Nanti jika tubuh Bronson sudah cukup ramping maka dia akan menjalankan pembedahan untuk memperbaiki gigitnya yang patah.

"Dokter hewan kami menemukan salah satu giginya patah dan harus dicabut. Namun, dengan bobot tubuhnya saat ini proses pembiusan bisa membahayakan," ujar Mike.

Sejauh ini, lanjut Mike, bobot tubuh Bronson sudah berkurang hampir satu kilogram dan dia berharap dalam beberapa bulan berat tubuh kucing itu bisa mencapai titik ideal.

Baca juga: Kucing Ini Ketuk Pintu untuk Masuk Rumah

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com