Kompas.com - 28/02/2020, 12:18 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Mahasiswa asal Indonesia di Rusia, khususnya di kota Moskwa menjalani pemeriksaan suhu tubuh sejak penyebaran virus corona mulai dikonfirmasi pemerintah Rusia.

Kepada Kompas.com, Ferlito Arnold Sauw, mahasiswa jurusan Aircraft Engineering di Moscow Aviation Institute sekaligus ketua PERMIRA (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia) melaporkan kondisi mahasiswa asal Indonesia di Rusia. 

Dia mengungkapkan ketika kasus virus corona alias Covid-19 dikonfirmasi di Rusia, kampusnya sedang libur. Banyak mahasiswa yang melancong ke luar kota Moskwa maupun ke luar Rusia. 

Baca juga: Presenter TV di Rusia Lawan Virus Corona dengan Lagu

Pihak asrama kemudian memberlakukan pengecekan suhu tubuh kepada mahasiswa yang baru pulang dari masa liburan. Pemeriksaan itu dilakukan secara berkala selama 14 hari. 

Bahkan kepada mahasiswa asal China yang kembali ke Rusia dari negaranya sampai saat ini masih belum diperbolehkan kembali ke kota asal mereka menuntut ilmu. Padahal proses belajar mengajar telah berlangsung di semester genap ini.

Hal itu diperkuat setelah pemerintah Rusia melakukan penutupan akses transportasi dan perbatasan dengan China.

Sebagai ketua PERMIRA, Ferlito mengaku terus berkomunikasi dengan para ketua PERMIRA perwakilan di kota Tyumen dan Zabaikalskaya karena kedua kota tersebut dikonfirmasi pemerintah Rusia memiliki kasus korban terduga infeksi virus corona.

Komunikasi yang dimaksud adalah memastikan dan memperhatikan keadaan mahasiswa asal Indonesia di dua wilayah tersebut.

"Kebetulan di Tyumen ada dua mahasiswa Indonesia. Jadi, saya berkomunikasi dengan ketua PERMIRA perwakilan Ekaterinburg (yang mencakup kota Tyumen). Sedangkan di Zabaikalskaya, memang tidak ada mahasiswa Indonesia tapi di kota terdekatnya yaitu Ulan-Ude, ada satu orang mahasiswa Indonesia," kata Ferlito.

"Untuk itu, saya menghubungi ketua PERMIRA perwakilan Irkutsk karena wilayahnya mencakup Ulan-Ude."

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber Ferlito
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.