Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Hubungan Baik dengan Putin, Trump Tunda Sanksi untuk Rusia

Kompas.com - 18/04/2018, 17:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden AS Donald Trump bermaksud ingin mempertahankan hubungan baik dengan Vladimir Putin dan menangguhkan sanksi baru untuk Rusia.

Trump sepertinya belum akan menjatuhkan tambahan sanksi kepada Rusia selama negara itu tidak melakukan serangan siber atau provokasi lebih lanjut. Demikian disampaikan seorang pejabat senior pemerintahan pada Senin (16/4/2018).

"Presiden telah menjelaskan bahwa dirinya akan bertindak tegas kepada Rusia, tetapi pada saat yang sama juga masih ingin memiliki hubungan baik dengan negara tersebut," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders, dikutip The New Arab.

"Presiden masih ingin duduk bersama dengan Putin dan merasa lebih baik bagi dunia apabila mereka memiliki hubungan yang baik."

Baca juga: Diduga Terlibat Senjata Kimia Suriah, AS akan Jatuhkan Sanksi pada Rusia

"Tapi, itu semua tetap kembali bergantung pada tindakan Rusia. Kami sudah sangat jelas dengan sikap dan harapan kami dan kami berharap mereka akan dapat merubah sikap mereka," tambah Sanders.

Sebelumnya, pada Minggu (15/4/2018), Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley sempat mengumumkan akan adanya sanksi baru yang dijatuhkan kepada Rusia.

Sanksi terkait keterlibatan Rusia dalam serangan senjata kimia yang diyakini dilancarkan rezim Suriah di kota Douma, pada 7 April itu, sedianya akan disampaikan Menteri Keuangan Steve Mnuchin.

Ditambahkan Haley, sanksi baru tersebut akan menargetkan perusahaan-perusahaan maupun individu Rusia yang membantu memasok peralatan dan bahan lain terkait senjata kimia ke Damaskus.

Namun, pihak Gedung Putih kemudian mengumumkan akan mempertimbangkan kembali sanksi baru terhadap Rusia dan menyebut belum akan ada keputusan yang diambil dalam waktu dekat.

Baca juga: Kecil Kemungkinan Rusia Membalas Serangan di Suriah

"Kami sedang mengevaluasi, tapi tidak ada yang akan diumumkan pada saat ini," kata Sanders.

"Dengan tindakan diplomatik dan politik yang kami ambil sekarang, kami ingin sekutu mereka Iran dan Rusia mengetahui kesungguhan kami dan mereka akan merasakan dampak darinya," lanjut Sanders.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com