Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Mengaku Sempat Bicara secara Langsung dengan Kim Jong Un

Kompas.com - 18/04/2018, 15:54 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PALM BEACH, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan perkembangan terbaru terkait persiapan perundingan dengan Korea Utara (Korut).

Pernyataan tersebut disampaikan Trump ketika bertemu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Mar-a-Lago, Florida, dilansir Russian Today Selasa (17/4/2018).

Presiden 71 tahun itu menjelaskan, telah terjadi pembicaraan secara langsung antara AS dan Korut "dengan tingkat sangat tinggi".

"Saya percaya bahwa diskusi terjadi dengan niat baik sehingga hal baik pun mengikuti," beber Trump.

Dia menambahkan, pertemuan tersebut bisa berlangsung antara Mei atau awal Juni, dan terdapat lima lokasi yang dipertimbangkan menjadi tempat pertemuan.

Baca juga: Direktur CIA Dilaporkan Bertemu Kim Jong Un di Pyongyang

Meski demikian, Trump menyatakan bahwa perundingan antara dirinya dan Pemimpin Korut Kim Jong Un bisa batal digulirkan.

"Kami akan melihat perkembangannya ke depan. Sebab pada akhirnya, hasil akhirnyalah yang dihitung," beber Trump kembali.

CNN melaporkan, sempat terjadi momen yang membingungkan dalam pertemuan antara Trump dan Abe tersebut.

Pada awalnya, media sempat bertanya kepada Trump apakah dia sudah berbicara secara langsung dengan Kim. "Ya," jawab presiden ke-45 AS itu.

Namun, dalam jamuan makan malam, Trump kemudian mengklarifikasi ucapannya, dan berujar bahwa pembicaraan pribadi dengan Kim bakal terjadi pada "level tertinggi".

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders dalam keterangannya juga membantah bahwa Trump sudah berbicara langsung dengan Kim.

"Presiden mengatakan bahwa pemerintahannya telah melakukan pembicaraan di level tinggi. Presiden tidak berbicara langsung dengan dia (Kim)," tutur Sanders.

Perkembangan soal persiapan perundingan dengan Korut terjadi setelah calon Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dilaporkan bertemu Kim secara rahasia di Pyongyang.

Namun, laporan tersebut dibantah Gedung Putih maupun Dinas Intelijen Pusat (CIA), kantor lama Pompeo sebelum dinominasikan sebagai Menlu.

Baca juga: Mantan Bos FBI: Secara Moral, Trump Tak Pantas Jadi Presiden

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com