Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer China dan Kamboja Gelar Latihan Bersama

Kompas.com - 17/03/2018, 23:18 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Militer China dan Kamboja menggelar latihan bersama pada Sabtu (17/3/2018) di barat ibu kota Kamboja. Latihan militer bersama kedua negara diadakan di tengah ketegangan yang sedang meningkat antara Kamboja dengan Amerika Serikat.

Latihan militer bersama yang diberi tajuk Dragon Gold 2018 itu bertujuan untuk melatih operasi kontra-terorisme dan penyelamatan sandera.

Pasukan militer China dipimpin Mayor Jenderal Zhang Jian dari Komando Selatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), sementara pasukan tuan rumah dipimpin Panglima Tertinggi Militer Kamboja, Pol Saroeun.

Baca juga: PM Kamboja Tunjuk Menantunya Jadi Wakil Kepala Kepolisian Nasional

Disampaikan Pol Saroeun, latihan bersama melihatkan 280 personil militer Kamboja dan 216 tentara China. Agenda latihan bersama turut menyambut perayaan 60 tahun hubungan diplomatik kadua negara.

"Digelarnya latihan militer bersama untuk memperkuat hubungan tradisional sekaligus kepercayaan politik antara kedua negara," kata Saroeun, dilansir SCMP.

China selama ini menjadi menjadi investor asing terbesar Kamboja yang berjasa dalam berbagai proyek infrastruktur negara itu.

"Dukungan dalam semangat, perlengkapan, serta keuangan telah menjadikan China teman dekat yang berjasa membuat perkembangan Kamboja lebih cepat," tambah Saroeun.

China pertama kali menggelar latihan militer angkatan laut bersama dengan Kamboja pada 2016. Setahun kemudian, Kamboja menghentikan latihan bersama dengan AS tanpa batas waktu.

Baca juga: Kamboja Akan Segera Produksi Minyak Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com