Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Kamboja Tunjuk Menantunya Jadi Wakil Kepala Kepolisian Nasional

Kompas.com - 18/01/2018, 20:54 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menunjuk menantunya menjadi wakil kepala kepolisian nasional dalam langkah yang ditujukan untuk menghadapi pemilihan umum tahun depan,

Dy Vichea, yang menikahi putri tertua Hun Sen, dipromosikan ke jabatan bergengsi itu pada Selasa (16/1/2018). Demikian menurut dekrit pemerintah yang diperoleh Reuters pada Kamis (18/1/2018).

Penunjukan itu terjadi di tengah menghangatnya situasi politik di Kamboja, termasuk upaya pemerintah membungkam kritik, organisasi HAM, dan media independen.

"PM Hun Sen nampaknya berusaha memperkokoh kendalinya terhadap pemerintahan dan bisnis di Kamboja. Dan menunjuk menantunya sebagai wakil kepala kepolisian adalah bagian dari upaya itu," kata Phil Robertson, wakil direktur Human Right Watch (HRW) Asia.

Baca juga : PM Hun Sen Bantah Yingluck Singgah di Kamboja Sebelum ke Dubai

Pada hari Minggu lalu, Hun Sen memperingati 33 tahun kekuasaannya dan bertekad untuk tetap menduduki jabatannya hingga beberapa tahun ke depan.

Kelompok oposisi utama, Partai Penyelamat Nasional Kamboja (CNRP), yang didukung generasi muda yang gerah dengan korupsi dan nepotisme di negeri itu, dibubarkan pada November lalu atas keinginan pemerintahan Hun Sen.

Sementara itu, para lawan politik Hun Sen di pengasingan mengatakan, mereka telah membentuk sebuah gerakan baru menyusul pembubaran partai oposisi tersebut.

Menteri Dalam Negeri Kamboja, Khieu Sopheak mempertahankan keputusan Hun Sen menunjuk menantunya itu. Sopheak membandingkan langkah ini dengan keputusan Presiden Donald Trump yang menunjuk putrinya, Ivanka Trump, sebagai penasihat.

"Tak ada undang-undang yang melarang pemerintah untuk menunjuk dia (Dy Vichea)," ujar Sopheak seperti dikutip Reuters.

Di Kamboja, bisnis dan pemerintahan saling berkelindan dan keluarga pemimpin negara mengendalikan sebagian besar perusahaan besar di negeri tersebut.

Baca juga : PM Kamboja Hun Sen Puji dan Dukung Trump Jadi Presiden AS, Kenapa?

Sebagai tambahan, Kepala Kepolisian Kamboja Neth Savoeun menikahi kemenakan Hun Sen. Sedangkan putri sang perdana menteri, Hun Mana adalah pemimpin harian Kampuchea Thmey Daily, Bayon TV, dan sejumlah stasiun radio serta beberapa perusahaan.

Sedangkan putra sulung Hun Sen, Letnan Jenderal Hun Manet adalah wakil panglima angkatan bersenjata dan diyakini akan menggantikan ayahnya memimpin Kamboja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com