Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menantu Trump Kini Tak Bisa Akses Informasi "Amat Rahasia"

Kompas.com - 28/02/2018, 17:51 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Telegraph

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Jared Kushner, menantu Presiden AS Donald Trump, dikabarkan kehilangan akses untuk mendapatkan informasi intelijen tingkat tinggi.

Kushner tidak lagi memiliki akses mengikuti pengarahan harian untuk presiden, sebuah laporan intelijen dengan kerahasiaan tinggi yang diserahkan kepada Presiden Trump setiap pagi.

Akses Kushner diturunkan dan kini hanya bisa mendapatkan informasi "rahasia" dan bukan yang berstatus "amat rahasia".

Padahal informasi "amat rahasia" bisa berisi banyak hal termasuk operasi-operasi rahasia CIA dan informasi yang diterima dri badan intelijen asing.

Baca juga : China Undang Ivanka Trump dan Jared Kushner untuk Berkunjung

Keputusan untuk menurunkan akses Kushner itu diambil kepala staf Gedung Putih John Kelly untuk meningkatkan disiplin dalam mengakses informasi rahasia.

Selama setahun terakhir, Kushner bekerja dengan akses keamanan sementara karena akses permanennya belum mendapatkan persetujuan.

Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein kabarnya belum lama ini menyampaikan informasi baru kepada penasihat Gedung Putih Don McGahn.

Informasi itu diperkirakan membuat proses aplikasi untuk akses keamanan permanen untuk Kushner semakin lambat. Sejauh ini, isi informasi tersebut tidak diketahui.

Pekan lalu John Kelly mengatakan, dia telah memperketat akses bagi pejabat Gedung Putih yang bekerja dengan menggunakan akses keamanan sementara.

Langkah itu diambil setelah Rob Porter, staf sekretariat Gedung Putih, diketahui bekerja dengan menggunakan akses temporer meski di tengah tuduhan melakukan kekerasan terhadap dua mantan istrinya.

Insiden itu memicu terungkapnya fakta bahwa banyak staf senior Gedung Putih, termasuk Kushner, yang bekerja tanpa akses keamanan permanen.

Baca juga : Buka Surat Berisi Bubuk Putih, Menantu Trump Dibawa ke Rumah Sakit

Sebenarnya, Trump bisa memberikan akses keamanan permanen bagi Kushner, tetapi pekan lalu dia memutuskan hal tersebut menjadi wewenang Kelly.

"Saya akan membiarkan Jenderal Kelly membuat keputusan. Saya yakin dia akan membuat keputusan yang tepat," ujar Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com