Hari Ini dalam Sejarah: Ratu Skotlandia Mary I Dipenggal Halaman 1 - Kompas.com

Hari Ini dalam Sejarah: Ratu Skotlandia Mary I Dipenggal

Kompas.com - 08/02/2018, 16:11 WIB
Istana Linlithgow, tempat kelahiran Mary sang ratu Skotlandia.Wikipedia Istana Linlithgow, tempat kelahiran Mary sang ratu Skotlandia.

KOMPAS.com - Setelah 19 tahun dipenjara, Mary Ratu Skotlandia dipenggal pada 8 Februari 1587 di Kastil Fotheringhay, Inggris karena dianggap terbukti terlibat rencana pembunuhan Ratu Elizabeth I.

Siapakah sang ratu Skotlandia yang bertahta pada 14 Desember 1542 hingga 24 Juli 1567 itu?

Mary atau dikenal juga dengan nama Mary Stuart lahir di Istana Linlithgow, Skotlandia pada 7 atau 8 Desember 1542. Dia adalah putri dari Raja James V dan istri keduanya Maru of Guise yang berasal dari Perancis.

Mary diyakini lahir prematur dan merupakan satu-satunya anak sah sekaligus pewaris tahta Skotlandia yang masih hidup.

Baca juga : Hari Ini dalam Sejarah: Ratu Perancis Marie Antoinette Dipenggal

Mary masih merupakan "cucu" Raja Inggris saat itu Henry VIII karena nenek Mary, Margaret Tudor adalah kakak perempuan Henry VIII.

Pada 14 Desember 1542 atau enam hari setelah dilahirkan Mary menjadi Ratu Skotlandia menggantikan ayahny yang meninggal dunia. Dia kemudian bergelar Mary I.

Sang ayah meninggal dunia kemungkinan disebabkan karena depresi usai mengalami kekalahan dalam pertempuran Solway Moss.

Dugaan lain mengenai penyebab kematin James V adalah akibat air yang dia minum selama memimpin pertempuran telah terkontaminasi.

Karena Mary masih bayi saat mewarisi tahta maka untuk sementara Skotlandia diperintah para bangsawan setingkat bupati hingga Mary memasuki usia dewasa.

Mary kemudian dikirim ibunya ke Perancis untuk dibesarkan di negeri itu. Pada 1558, Mary menikahi seorang bangsawan Perancis bernama Francis.

Setahun kemudian, Francis menduduki tahta Perancis dengan gelar Raja Francis I dan seketika Mary menjadi Ratu Perancis.

Saat suaminya meninggal dunia pada 1560, Mary memutuskan kembali ke Skotlandia dan tiba di kota Leith pda 19 Agustus 1561.

Baca juga : Ratu Elizabeth II Diyakini Tak Hadir di Pernikahan Harry-Markle

Empat tahun kemudian dia menikahi sepupunya, Henry Stuart yang bergelar Lord Darnley yang amat ambisius.

Pernikahan Mary dan Lord Darnley tak bahagia dan pada Februari 1567, kediaman pasangan ini di dekat kota Edinburgh hancur akibat ledakan dan Lord Darnley ditemukan tewas dibunuh di taman.


Page:
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Close Ads X