Trump Peringatkan Korut, AS Telah "Terisi Muatan" untuk Hadapi Rudal - Kompas.com

Trump Peringatkan Korut, AS Telah "Terisi Muatan" untuk Hadapi Rudal

Amir Sodikin
Kompas.com - 12/08/2017, 09:36 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald TrumpAFP Photo/Robyn Beck Presiden Amerika Serikat Donald Trump

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat memberi peringatan kepada Korea Utara (Korut) yang mengancam menyerang Guam dengan rudal. Trump menyatakan, Korea Utara bakal sangat menyesal jika benar-benar berani menyerang Amerika Serikat.

Dalam sepekan ini, Trump terus melontarkan berbagai retorika untuk melawan kekhawatiran berbagai pihak atas ancaman Korea Utara yang akan merudal Guam.

Trump menggencarkan retorika dengan mengatakan militer Amerika Serikat sudah "terkunci dan terisi muatan" untuk menangani Korea Utara jika negara itu tidak menahan diri.

"Solusi militer sekarang sudah siap, terkunci dan terisi muatan, jika Korea Utara bertindak secara tidak bijaksana. Semoga Kim Jong-un akan menemukan jalan lain!" demikian bunyi pesan Presiden Trump lewat Twitter pada Jumat (11/08/2017).

Baca juga: Korut Balas Amarah Trump dengan Ancaman Rudal ke Pangkalan AS di Guam

Tetapi, Trump juga masih membuka diplomasi dengan mengatakan dia telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping terkait gertakan Korea Utara. China merupakan negara tetangga terdekat dan juga dianggap sahabat setia dari Korea Utara.

Seperti diberitakan sebelumnya, Korea Utara bersiap-siap untuk rencana meluncurkan rudal menuju teritorial Amerika Serikat di Pasifik, Guam.

"Saya berharap, mereka mengerti dengan apa yang saya katakan, dan apa yang saya katakan adalah apa yang benar-benar ingin saya lakukan," kata Trump.

Trump masih melanjutkan, "Jika dia melakukan sesuatu kepada Guam atau tempat lain di teritorial Amerika atau tempat lain di teritorial aliansi Amerika, maka dia akan menyesal, dan dia akan menyesal secepatnya," kata Trump.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAmir Sodikin
EditorAmir Sodikin
Komentar