Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rancangan APBN Donald Trump, Militer Dapat Kenaikan Anggaran

Kompas.com - 16/03/2017, 16:14 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump akan meminta Kongres untuk memangkas banyak anggaran federal di saat dia berniat meningkatkan anggaran militer dan biaya deportasi imigran ilegal.

Trump berencana meminta pemangkasan 28 persen untuk angaran seluruh departemen negara. Hal ini bisa berlanjut dengan pemangkasan bantuan luar negeri dan iuran untuk badan-badan PBB.

Di sisi lain, jika usulan ini disetujui Kongres, maka Pentagon menjadi "pemenang" dengan mengantungi 10 persen kenaikan anggaran. Padahal saat ini saja, militer AS sudah memiliki salah satu anggaran yang terbesar di dunia.

Selain itu, anggaran sebesar 4 miliar dolar akan disisihkan tahun ini dan tahun depan untuk membangun tembok di perbatasan AS dengan Meksiko.

Sebelumnya Trump berulang kali mengatakan bahwa Meksiko akan membayar pembangunan tembok yang akan menghabiskan biaya setidaknya 15 miliar dolar AS.

Usulan anggaran yang diajukan Trump ini hanyalah sebagian dari APBN federal bernilai 3,8 triliun dolar yang didominasi sektor kesehatan, pensiuan, dan biaya rutin lainnya.

Proposal Trump ini akan melalui proses revisi di Kongres sebelum anggaran belanja negara diresmikan pada Mei.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com