Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disebut Tak Punya Stamina untuk Jadi Presiden oleh Trump, Apa Reaksi Hillary?

Kompas.com - 27/09/2016, 10:01 WIB

HEMPSTEAD, KOMPAS.com — Kandidat presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, menyebut rivalnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, tak memiliki stamina untuk menjadi presiden AS.

Hal itu terkait dengan serangan penyakit pneumonia yang dialami mantan Menteri Luar Negeri AS tersebut.

"Saya katakan, Hillary tak punya cukup stamina untuk menjadi presiden. Untuk menjadi presiden di negara ini, Anda membutuhkan stamina yang luar biasa," sebut Trump, dikutip AFP.

Trump mengungkapkan hal itu dalam salah satu bagian pernyataannya pada acara debat calon presiden AS di Hempstead, New York, Amerika Serikat, Selasa (27/9/2016) WIB.

Mendengar pernyataan itu, Hillary tak tinggal diam, dan melakukan serangan balik.

"Baik, setelah perjalanan ke 112 negara dan negosiasi perjanjian damai, gencatan senjata, atau 11 jam bersaksi di depan kongres, dia masih mau bicara soal stamina dengan saya?" kata Hillary. 

Sebelumnya pula, di tengah debat ini, Trump sempat "menyentil" Hillary Clinton tentang penggunaan e-mail pribadi saat wanita itu menjabat sebagai Menteri Luar Negeri.

Sentilan tentang e-mail pribadi tersebut diujarkan Trump menyusul penegasannya untuk tetap tak merilis laporan pembayaran pajaknya.

"Saya akan merilis laporan pembayaran pajak saya dan melawan saran pengacara saya, jika Hillary merilis 33.000 e-mail pribadi yang telah dihapus," kata Trump.

"Saya yakin, tak ada alasan bagi saya untuk percaya bahwa Trump akan merilis laporan pajaknya karena memang ada yang dia sembunyikan," kata Hillary menanggapi jawaban Trump.

Perhelatan ini merupakan debat pertama dalam rangkaian menuju Pilpres AS. Debat berlangsung di kampus Universitas Hofstra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com