Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Saya Yakin Mister Trump Tak Akan Jadi Presiden

Kompas.com - 17/02/2016, 10:00 WIB
RANCHO MIRAGE, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengungkapkan keyakinannya bahwa kandidat presiden AS dari Partai Republik Donald Trump tak akan pernah terpilih menjadi presiden.

"Saya semakin yakin bahwa Mister Trump tak akan menjadi presiden. Alasannya, karena saya mengenal warga AS, dan mereka tahu bahwa menjadi presiden adalah pekerjaan yang serius," kata Obama.

Pernyataan tersebut diungkapkan Obama di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS di Rancho Mirage, California, Rabu (17/2/2016) WIB.

Menurut Obama, menjadi presiden tidak sama dengan memandu reality show. "Ini bukan bagian dari promosi, dan juga bukan pemasaran, ini pekerjaan berat," cetus Obama lagi.

"Menjadi presiden bukan melakukan atau mengucapkan sesuatu yang kemudian menjadikan dia sebagai perhatian media," ujar Presiden.

Lebih jauh dari itu, kata Obama, tugas presiden adalah membuat keputusan penting dan berat. "Termasuk pada saat keputusan tersebut tak disukai oleh rakyat," kata Obama.

Obama menilai, selama masa kampanye, seorang kandidat memang bebas mengekspresikan dirinya. "Dan, sewaktu-waktu itu bisa menjadi semacam hiburan bagi rakyat," kata dia.

Namun, semakin hari apa yang dilakukan Trump sudah terasa mengganggu. "Rakyat AS sangat rasional, dan saya yakin mereka akan membuat pilihan yang masuk akal pula," tegas Presiden Obama.

Baca Juga:
Saat Kampanye, Hillary Clinton Menggonggong Bak Anjing
Muncul ke Publik di Kampanye Sang Adik, George Bush Serang Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com