Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangi ISIS, Rusia Dapat Bantuan dari Pemberontak Suriah

Kompas.com - 16/12/2015, 11:33 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Militer Rusia di Suriah mendapat bantuan dari pasukan oposisi yang memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah, kata Menteri Pertahanan Rusia.

Pasukan oposisi Suriah memberikan titik koordinat lokasi ISIS kepada Angkatan Udara Rusia untuk melakukan penyerangan.

"Hubungan (dengan oposisi) sudah dibangun dan tetap dipertahankan. Kelompok oposisi memberikan perintah koordinat terhadap Angkatan Udara Rusia untuk menyerang target teroris," kata Menteri Pertahanan Rusia Letnan Jenderal Sergey Rudskoy kepada wartawan, Selasa (16/12/2015).

Menurut Rudskoy, oposisi "moderat" di Suriah memberikan banyak kontribusi untuk kemajuan pasukan Pemerintah Suriah dalam melawan ISIS.

Ada sekitar 150 kelompok oposisi di Suriah dan di antara mereka yang paling patriotik berjuang bersama pasukan pemerintah memerangi teroris ISIS.

Rudskoy menekankan bahwa militer Rusia membantu pejuang pemberontak dalam peperangan melawan ISIS.

Selama 24 jam terakhir, Angkatan Udara Rusia melancarkan 17 serangan dengan target ISIS untuk mendukung kelompok pemberontak Tentara Pembebasan Suriah dan Pasukan Demokratik Suriah.

Menurut Rudskoy, tujuan militer Rusia adalah untuk menyatukan upaya-upaya pasukan Pemerintah Suriah dan kelompok-kelompok lain yang berjuang dalam membebaskan Suriah dari teroris internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com