Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Afganistan Kecam Video Eksekusi yang Dirilis ISIS

Kompas.com - 13/08/2015, 18:34 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Video eksekusi 10 tawanan yang dipaksa berlutut di atas dinamit yang dirilis Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) belum lama ini ternyata dikecam Taliban Afganistan.

Dalam beberapa bulan terakhir, ISIS dan Taliban kerap terlibat bentrok bersenjata memperebutkan pengaruh di provinsi Nangarhar yang berbatasan dengan Pakistan.

"Video mengerikan  yang dirilis belum lama ini memperlihatkan para penculik yang mengaitan diri mereka dengan para penjahat Daesh (ISIS), dengan brutal membunuh beberapa tetua suku dan kepala desa dengan cara meledakkan mereka," demikian pernyataan resmi Taliban lewat situs resmi mereka.

"Perilaku brutal ini yang dilakukan beberapa orang tak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan Islam dan umat Muslim tak bisa kami toleransi," tambah pernyataan itu.

Sebelumnya, pada awal pekan ini, Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kembali merilis video yang menampilkan eksekusi yang dilakukan terhadap para tawanannya. Kali ini, para tawanan dipaksa berlutut di atas dinamit yang sudah disiapkan, dan kemudian diledakkan.

Video itu diawali dengan adegan beberapa anggota ISIS sedang menggali tanah dan memasukkan dinamit ke dalam lubang yang sudah digali. Lalu, kamera menyorot 10 tawanan yang digiring anggota ISIS berseragam serba hitam ke tempat dinamit ditanam, dan memaksa mereka berlutut di atasnya.

Sebelum eksekusi itu dilakukan, setiap tawanan dipaksa mengakui kesalahan mereka, yakni melawan ISIS. Para anggota ISIS itu kemudian menjauh dari tempat para tawanan berlutut, lalu meledakkan dinamit yang langsung menewaskan ke-10 tawanan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com