Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Kalah dalam Pemilu, Erdogan Siap Mundur

Kompas.com - 05/03/2014, 17:07 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Turki, Reccep Tayip Erdogan, Rabu (5/3/2014), menyatakan siap mundur dari dunia politik jika partainya yang berkuasa sejak 2002, kalah dalam pemilihan lokal bulan ini.

"Saya siap mundur kecuali partai saya menjadi pemenang pemilu," kata Erdogan yang kini tengah berjuang melawan skandal korupsi yang mengganggu pemerintahannya.

Meski cukup mengguncang, Erdogan tetap yakin skandal itu tidak akan banyak mempengaruhi partainya. Dia mengatakan kampanya-kampanye politik yang disesaki ribuan pendukung menjadi bukti bahwa skandal korupsi itu tidak memiliki pengaruh berarti.

Sejauh ini, Erdogan mengklaim skandal korupsi itu sengaja dimunculkan untuk menyerang pemerintahannya. Dia menuding, Fethullah Gulen, seorang ulama berpengaruh yang kini tinggal dalam pengasingan di AS, merancang penyelidikan suap itu untuk menjatuhkan pemerintah.

Pekan lalu, sebuah rekaman pembicaraan antara Erdogan dan putranya mendiskusikan cara menyingkirkan sejumlah besar uang tersebar ke dunia maya.

Rekaman itu diklaim diperoleh pada 17 Desember 2013, di hari yang sama saat investigasi korupsi yang dilakukan polisi menjerat sejumlah orang dekat Erdogan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com