Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Harus Hentikan Pelanggaran HAM di Suriah

Kompas.com - 14/02/2014, 15:36 WIB
Kepala Misi Kemanusiaan PBB, Valerie Amos, mendesak Dewan Keamanan untuk segera bertindak guna memastikan lebih banyak akses kemanusiaan ke Suriah. Saat menyerukan resolusi, Amos mengatakan "tidak bisa diterima" bahwa Damaskus dan pemberontak terus melanggar hukum kemanusiaan dengan "bebas".

Dewan menemui jalan buntu mengenai pengiriman bantuan ke Suriah, di mana jutaan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Sementara itu, pasukan Suriah melanjutkan serangan mereka ke kota kunci yang diduduki pemberontak. Pesawat tempur melancarkan serangan udara dan artileri menghantam Yabroud sejak Rabu (12/2/2014). Kota itu adalah markas terakhir pemberontak di pegunungan Qalamouns dekat perbatasan Lebanon.

Ada peningkatan pertempuran di Suriah dalam beberapa pekan terakhir. Kedua pihak berusaha menguasai lebih banyak wilayah untuk memperkuat posisi mereka di pembicaraan damai yang sedang berlangsung di Jenewa, Swiss.

Negosiasi antara pemerintahan Presiden Bashar al-Assad dan kelompok oposisi Suriah terus menemui jalan buntu. Namun, Liga PBB-Arab untuk Suriah, Lakhdar Brahimi, optimistis dan mengatakan menerima jaminan dari pejabat AS dan Rusia bahwa mereka akan berusaha "membuka sumbat situasi".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com