Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konferensi Perdamaian Suriah Ditunda

Kompas.com - 06/11/2013, 11:04 WIB
Utusan PBB-Liga Arab untuk Suriah mengatakan konferensi perdamaian yang diharapkan akan digelar di Genewa bulan ini ditunda, tetapi dia masih "berupaya keras" agar pertemuan dilakukan pada akhir tahun ini.

Lakhdar Brahimi mengatakan, sehari setelah pertemuan dengan diplomat senior, bahwa dia tak bisa mengumumkan tanggalnya.

Upaya untuk menggelar pertemuan telah berlangsung selama beberapa bulan di tengah perbedaan pendapat mengenai siapa yang hadir dan agenda yang dibahas.

Brahimi mengatakan dia berharap dapat bertemu dengan diplomat AS dan Rusia kembali pada 25 November.

"Kami berharap bahwa kita dalam posisi untuk mengumumkan tanggalnya hari ini, sayangnya kami tidak dapat," kata dia kepada wartawan.

"Tetapi kami sering berharap bahwa kami dapat menggelar pertemuan sebelum akhir tahun."

Jutaan Pengungsi

Utusan PBB Liga Arab menambahkan "tidak ada peristiwa dramatis" yang terjadi pada pembicaraan Selasa lalu dan kegagalan untuk menyepakati tanggal pertemuan sudah diperkirakan beberapa pekan lalu.

Brahimi bertemu dengan pihak kementrian luar negeri AS Wendy Sherman dan wakil menteri luar negeri Rusia Mikhail Bogdanov dan Gennady Gatilov, kemudian juga bertemu dengan anggota permanen Dewan Keamana PBB - Inggris, Perancis dan China - dan negara tetangga Suriah, Lebanon, Irak, Yordania dan Turki.

Ide untuk menggelar konferensi pertama kali diperdebatkan pada Mei, dan September lalu Sekjen PBB Ban Ki-moon mengumumkan tanggal tentatif yaitu pertengahan November setelah Dewan Keamanan meloloskan resolusi senjata kimia Suriah.

Brahimi mengatakan Ban "tidak sabar" untuk menggelar konferensi, dan mengatakan situasi semakin memburuk dengan 6.000 orang meninggalkan Suriah setiap hari.

Lembaga bantuan telah memperingatkan lebih dari sembilan juta orang Suriah, atau setengah dari populasinya, membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com