Kompas.com - 23/01/2020, 19:40 WIB

WUHAN, KOMPAS.com - Setelah Wuhan, pemerintah China berencana menutup satu kota lagi demi mencegah penyebaran virus corona yang mematikan.

Di Wuhan, kota dengan populasi 11 juta jiwa, otoritas sudah menghentikan transportasi publik seperti pesawat maupun bus.

Penanganan serupa bakal diterapkan kepada Huaggang, kota yang berdekatan dengan Wuhan, dan berpopulasi 7 juta, pada tengah malam nanti.

Baca juga: Perubahan Iklim Bangkitkan Virus Kuno yang Terperangkap dalam Es

Dilansir BBC Kamis (23/1/2020), virus corona jenis baru itu sudah menginfeksi sekitar 500 orang, dengan 17 orang meninggal.

Virus itu disebut pertama kali menyebar dari pasar ikan di Wuhan, dengan salah satu warga menyebut dia merasa "akhir dunia" terjadi.

Seperti apa penanganan terbaru?

Pemerintah kota resmi mematikan layanan transportasi publik pukul 10.00 waktu setempat, dengan bandara dan terminal bus begitu lengang.

Otoritas kesehatan sudah memerintahkan penduduk wajib mengenakan masker, dan meminta mereka tak berkumpul dalam jumlah besar.

Raksasa retail China, Taobao, memperingatkan para penjual agar tidak menaikkan harga setelah permintaan sarung tangan plastik dan masker meningkat.

Beberapa jam setelah Wuhan diblokir, pemerintah Huaggang mengumumkan mereka akan menerapkan langkah serupa tengah malam nanti.

Selain menghentikan transportasi umum, pihak berwenang juga meminta agar penduduk tidak meninggalkan kota.

Halaman:
Baca tentang
Sumber BBC


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.